Nasional

Pembukaan CPNS dan PPPK 2024 yang Masih Dibalut Kebingungan, jadi Kapan?

Pembukaan CPNS dan PPPK 2024 yang Masih Dibalut Kebingungan, jadi Kapan?
Pembukaan CPNS dan PPPK 2024 yang Masih Dibalut Kebingungan, jadi Kapan? (Image From: Edited by Canva)

PASUNDAN EKSPRES - Pembukaan CPNS dan PPPK 2024 menjadi hal yang saat ini tengah dicari-cari oleh masyarakat. Menjelang akhir Juli 2024, belum ada tanda-tanda atau pengumuman resmi terkait pembukaan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2024.

Pemerintah sebelumnya telah menyatakan rencana untuk membuka seleksi CASN, termasuk CPNS dan PPPK, pada Juli 2024. Namun, sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan persisnya seleksi tersebut akan dimulai.

Pembukaan CPNS dan PPPK 2024 yang Masih Dibalut Kebingungan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyatakan bahwa mereka tidak ingin melakukan tindakan yang terburu-buru dalam membuka pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN).

Untuk tahun ini, pemerintah berencana untuk membuka seleksi CASN, yang terdiri dari seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Mohammad Averrouce Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengungkapkan bahwa proses pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk CPNS dan PPPK tahun 2024 saat ini masih berada dalam tahap verifikasi dan validasi (verval) terhadap rincian formasi yang telah diinput oleh masing-masing instansi pemerintah.

BACA JUGA: Megawati Bakal Datangi Kapolri Jika Hasto Ditangkap Polisi: Enggak Usah Takut

BACA JUGA: Mencatat Laba Rp931 Milliar, bank bjb Fokus Pengembangan Usaha Secara Grup

Ia juga menyampaikan jika pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 akan dibuka jika tahapan verifikasi dan validasi serta persiapan instrumen, baik regulasi maupun sistem, sudah selesai dan siap.

Averrouce menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin terburu-buru dalam membuka pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2024. Mereka memastikan bahwa semua proses dan persiapan berjalan dengan baik dan berusaha meminimalkan adanya kelalaian atau kesalahan sekecil mungkin.

Selain itu, Averrouce juga menyampaikan bahwa pemerintah akan berupaya mempercepat proses persiapan tersebut agar pendaftaran seleksi CASN (Calon ASN) lanjutan segera dapat dilaksanakan.

Ia menjelaskan bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memberikan persetujuan prinsip atas formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. Selanjutnya, formasi ASN 2024 tersebut telah diserahkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di tingkat pusat maupun daerah.

Averrouce menambahkan bahwa total formasi ASN yang telah disetujui untuk tahun 2024 adalah sekitar 1,2 juta formasi. Namun, jumlah ini masih dapat disesuaikan lagi, mengingat kebutuhan ASN secara nasional akan terus dioptimalkan oleh pemerintah.

"Pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan formasi tersebut. Namun demikian, penetapan formasi secara bertahap akan segera diterbitkan agar proses seleksi dapat sesegera mungkin dilaksanakan," jelasnya, dikutip dari Kontan, Rabu (31/7). 

(ipa)

 

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua