Nasional

Temukan Total Formasi CPNS dan PPPK 2024, Siap-siap Menuju Pendaftaran

Temukan Total Formasi CPNS dan PPPK 2024, Siap-siap Menuju Pendaftaran
Temukan Total Formasi CPNS dan PPPK 2024, Siap-siap Menuju Pendaftaran (Image From: Edited by Canva)

PASUNDAN EKSPRES - Formasi CPNS dan PPPK 2024 bisa kamu temukan di sini. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan bahwa pemerintah akan melaksanakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024.

Selain penerimaan CPNS, pemerintah juga akan membuka penerimaan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pendaftaran untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dibuka oleh pemerintah pada tahun 2024 ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

Formasi CPNS dan PPPK 2024 

Menurut situs web Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), yang mencakup Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), ditargetkan akan dilakukan pada bulan Juni atau Juli 2024.

Pembukaan pendaftaran seleksi CASN, CPNS, dan PPPK ini akan secara resmi dilakukan setelah pemerintah mengeluarkan surat keputusan tentang penetapan formasi atau jumlah kebutuhan pegawai ASN yang akan diisi melalui proses seleksi tersebut.

BACA JUGA: Aturan Baru Rokok Eceran Kini Dilarang, Yuk Simak Detilnya!

BACA JUGA: Mencatat Laba Rp931 Milliar, bank bjb Fokus Pengembangan Usaha Secara Grup

Pemerintah telah menyetujui total formasi atau jumlah kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan diisi melalui proses seleksi CASN, CPNS dan PPPK sebanyak sekitar 1,2 juta formasi. Namun, jumlah formasi ini masih dapat disesuaikan lagi, mengingat kebutuhan ASN secara nasional akan terus dioptimalkan oleh pemerintah.

Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan bahwa kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 2.302.543 formasi.

Rincian dari total formasi tersebut adalah:

  • 429.183 formasi untuk instansi pusat
  • 1.867.333 formasi untuk pemerintah daerah (pemda)
  • 6.027 formasi untuk sekolah kedinasan

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan alokasi khusus pada rekrutmen CPNS tahun ini untuk mengisi kebutuhan pegawai di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang merupakan ibu kota baru Indonesia.

Dari usulan formasi CPNS tahun 2024 yang telah diajukan, instansi pemerintah dengan usulan formasi terbanyak adalah Kementerian Agama (Kemenag) dengan total 110.553 formasi.

Diikuti kemudian oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dengan usulan 40.799 formasi. Sementara itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga mengusulkan 40.541 formasi CPNS.

Selain tiga kementerian sebelumnya, ada beberapa kementerian lain yang juga membutuhkan jumlah formasi CPNS yang cukup besar pada tahun 2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) membutuhkan 26.316 formasi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membutuhkan 23.200 formasi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membutuhkan 18.017 formasi.

Selain kementerian-kementerian, beberapa lembaga pemerintah lainnya juga membutuhkan formasi CPNS yang cukup besar pada tahun 2024, antara lain:

  • Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membutuhkan 18.557 formasi
  • Mahkamah Agung membutuhkan 14.675 formasi
  • Kejaksaan Agung membutuhkan 11.303 formasi
  • Badan SAR Nasional membutuhkan 1.756 formasi
  • Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) membutuhkan 781 formasi
  • Lembaga Administrasi Negara membutuhkan 187 formasi

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua