Nasional

Indonesia Raih 14 Medali, Presiden Jokowi Berikan Bonus untuk Atlet Paralimpiade Paris 2024

Indonesia Raih 14 Medali, Presiden Jokowi Berikan Bonus untuk Atlet Paralimpiade Paris 2024
Presiden Jokowi Menyerahkan Bonus Apresiasi untuk Atlet Paralimpiade Paris 2024 (Foto: website resmi Kemenpora bagus/kemenpora.go.id)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden Joko Widodo memberikan bonus apresiasi kepada 14 atlet peraih medali di ajang Paralimpiade Paris 2024.

Diketahui, kontingen Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 meraih 14 medali dengan rincian satu emas, delapan perak, dan lima perunggu.

Presiden Jokowi mengaku bangga atas pencapaian tim Merah Putih yang berhasil meraih banyak medali dan menjadi sejarah baru.

Penyerahan bonus apresiasi kepada para atlet digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/9) didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bangga dengan Perolehan Medali Emas Pertama Indonesia di Paralimpiade Paris 2024

"Saya gembira karena dalam ajang tersebut kontingen Merah Putih berhasil mencetak sejarah baru dengan membawa empat belas medali," ucap Presiden Jokowi, dilansir dari laman resmi Kemenpora, Kamis (12/9).

Adapun peraih medali emas mendapatkan bonus sebesar Rp 6 miliar, perak sebesar Rp 2,75 miliar, dan perunggu sebesar Rp 1,65 miliar. 

Sedangkan atlet yang belum berhasil mendapatkan medali juga diberikan apresiasi bonus sebesar Rp 250 juta. 

Tidak hanya itu, di luar bonus tersebut, pemerintah juga memberikan apresiasi bonus lainnya.

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Gelar Doa dan Zikir Kebangsaan: Saya Mohon Maaf, Saya Tidak Sempurna

"Termasuk kepada para pelatih dan asisten pelatih juga akan diberikan apresiasi atas dedikasi dan juga kerja kerasnya dalam melahirkan para juara," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras seluruh atlet yang telah berkompetisi di Paralimpiade Paris 2024 dan menurutnya, keberhasilan Indonesia meraih banyak medali bukan didapat secara instan melainkan proses yang panjang.

"Keberhasilan ini buah dari proses yang panjang. Baik identifikasi bakat dini, pelatihan jangka panjang dan berkelanjutan serta kerja keras dari para pelatih, tim pendukung dan berbagai pihak lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo turut mengapresiasi para atlet yang meraih prestasi di ajang tersebut yang menjadi simbol kemajuan signifikan dalam pembinaan atlet disabilitas.

BACA JUGA:Kontingen Indonesia Tampilkan Kekayaan Budaya Nusantara pada Pembukaan Paralimpiade Paris 2024

"Torehan sejarah baru tercipta. Pencapaian ini bukan hanya yang terbaik sepanjang partisipasi Indonesia dalam Paralimpiade, tetapi juga melebihi target yang ditetapkan pemerintah. Prestasi tersebut menjadi simbol kemajuan signifikan dalam pembinaan dan pengembangan atlet disabilitas," ucap Dito Ariotedjo.

Kontingen Merah Putih meraih peringkat ke-50 klasemen akhir dalam Paralimpiade 2024 dengan total medali sebanyak 14 medali yang terdiri dari satu emas, delapan perak, dan lima perunggu. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua