News

Kronologi Otong Koil Disantet 24 Tahun, Kaki Mendadak Lumpuh

Kronologi Otong Koil Disantet 24 Tahun, Kaki Mendadak Lumpuh
Kronologi Otong Koil Disantet 24 Tahun, Kaki Mendadak Lumpuh (dok.YouTube/Obrolan Santai)

PASUNDAN EKSPRES - Otong Koil baru-baru ini menghadiri podcast di channel YouTube Obrolan Santai pada 5 Maret 2024. 

Dalam podcast berdurasi 50 menit tersebut Otong Koil atau bernama asli Aryo Verdiyantoro bercerita tentang teror santet yang dialaminya selama bertahun-tahun. 

Saat ditanya oleh pemandu acara Obrolan Santai tentang kabarnya, Otong Koil mengaku bahwa ia tidak pernah sehat sejak disantet. 

"Aku tuh ngga pernah sehat, ya. Emang kondisinya selalu ya gitulah selalu sakit." Ungkap Otong Koil. 

BACA JUGA:Viral! Seorang Pria Rela Habiskan Rp 34 Juta Demi Temani Istri Nonton Konser Taylor Swift di Singapura

Bukan medis, penyakit yang diderita Otong Koil justru selalu berhubungan dengan dunia gaib selama hampir 24 tahun. 

"Aku mengalami ginian kayanya udah ada 24 tahun lah sekitar mulai tahun 2000." Lanjut Otong Koil.

Musisi 51 tahun tersebut pun menceritakan bagaimana kronologi dirinya mendapat gangguan gaib. Otong Koil mengaku kakinya mendadak lumpuh sehingga tidak bisa berjalan dengan normal.  

"Awalnya dulu sakit, tiba-tiba sakit kaya lumpuh gitu, ya. Cuma nggak sakit nggak sakit lah, ya. Tapi, awalnya itu aku cuma bisa jalan paling jauh 10 meter lah. Paling jauh sejauh-jauhnya 20 meter. Terus udah gak bisa apa-apa lagi."

BACA JUGA:Kontroversi Apakah Benar Makan Siang Gratis dari Dana BOS?

Dalam keterangan yang sama, Otong Koil mengungkapkan butuh waktu selama 10 tahun kemudian untuk menyadari bahwa dirinya terkena santet bukan penyakit medis. 

"Bukan soal tahu nggak nya, jadi aku baru mau percaya bahwa hal ini (santet) di luar nalar gitu, ya itu baru 10 tahun kemudian lah."

Sebelum menyadari tubuhnya terkena santet, Otong Koil rutin periksa kesehatannya ke beberapa dokter di rumah sakit berbeda. 

"10 tahun pertama sampai 12 tahun pertama selalu ke dokter. Selalu periksa dokter. Selalu apa namanya, rutin ke dokter ini sekian lama ngga ada perubahan ganti dokter, rumah sakit."

BACA JUGA:Daftar Merk Kurma Produk Israel yang Harus Diboikot Jelang Ramadhan

Biaya yang dikeluarkan oleh Otong Koil pada saat itu pun tak sedikit untuk mengobati kelumpuhan kakinya yang mendadak. 

"Ya, lumayanlah biaya yang keluar. Jaman itu semua, semua uang aku abis untuk itu, untuk ke dokter." 

Akhirnya, karena tak ada kemajuan Otong Koil pun memutuskan untuk berkonsultasi dengan dukun atau paranormal, serta ustadz selaam 10 tahun terakhir.  

"Baru mulai berkonsultasi dengan dukun lah. Maksudnya, apa ya sebutannya pokoknya kalau ngga pak dukun, paranormal, bapak ustadaz kaya gitulah. Itu baru 10 tahun terakhir gitu. 

Sebenarnya, dari awal sakit banyak orang yang tak dikenal datang mengunjungi Otong Koil untuk menawarkan pengobatan. Namun, tawaran mereka tak diindahkan Otong Koil. 

BACA JUGA:Kenapa Harga Beras Naik Jadi Mahal, Kok Bisa?

"Lebih dari 10 orang dateng, tanpa kenal tanpa ada kabar, tanpa apa itu mereka datang sendiri dan mostly orang-orangnya gak kaya kita gitu." 

Orang-orang yang menawarkan pengobatan kepada Otong Koil tersebut diduga adalah paranormal yang anehnya tak lancar menggunakan bahasa Indonesia. Otong Koil juga menjelaskan ia bertemua dengan banyak pranormal yang saat berbicara suaranya begitu pelan.

"Terus rata-rata paranormal itu kalau ngomong suaranya pelan. Maksudnya suaranya itu selalu volumenya pelan."

Sampai saat ini, sebenarnya Otong Koil masih sulit percaya atas kejadian yang telah ia alami sealam 24 tahun terakhir.

"Kalau soal percaya sampai hari ini pun aku tuh ngga percaya, sih sebetulnya. Urusan-urusan ini (santet) gitu, ya. Tapi, karena yang paling aku percaya adalah rasa sakit." 

(nym) 

 

Berita Terkait