News

Cegah Akun Bank Dibobol, Nomor Telepon Jangan Sampai Hangus

hacker bank
Cegah akun perbankan kamu dibobol nomor hp jangan sampai hangus. (ilustrasi Freepik)

PasundanEkspres - Operator seluler XL Axiata mengingatkan kepada seluruh pelanggan untuk menjaga keamanan nomor ponsel mereka agar tidak sampai hangus. Hal ini penting untuk mencegah penipuan dan pembobolan akun perbankan yang memanfaatkan nomor ponsel pelanggan.

Banyak pelanggan yang mendaftarkan nomor telepon yang terhubung dengan akun perbankan mereka untuk melakukan transaksi digital. Namun, pelanggan harus berhati-hati agar tidak menjadi korban pembobolan akun bank melalui nomor ponsel mereka.

"Dalam upaya menjamin dan melindungi keamanan data pribadi perbankan pelanggan, kami dari XL Axiata mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk menjaga keamanan nomor ponsel yang terdaftar dalam akun perbankan mereka. Ini untuk menghindari pembobolan akun perbankan dengan memanfaatkan nomor ponsel pelanggan, termasuk nomor yang sudah hangus," kata Group Head Customer Contact Center XL Axiata, M. Yunus dalam keterangan tertulisnya.

Yunus menambahkan, nomor ponsel yang tidak terpakai dan dianggap hangus bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk membobol rekening bank pelanggan.

Oleh karena itu, dia menghimbau agar pelanggan mengurus penutupan nomor ponsel yang tidak terpakai ke operator dan pihak bank.

"Pelanggan sebaiknya tidak meremehkan nomor yang sudah tidak dipakai dan merasa tidak perlu menginformasikan penutupan nomor tersebut kepada operator dan pihak bank atau layanan pembayaran online yang terhubung," jelasnya.

Berikut tips agar terhindar dari pembobolan akun perbankan melalui nomor ponsel pelanggan:

  1. Segera hubungi customer service bank terkait dan atau layanan pembayaran online untuk menghapus layanan pada nomor ponsel yang sudah tidak lagi digunakan atau hangus untuk memastikan layanan perbankan sudah terhapus.
  2. Jangan pernah memberikan username, password, PIN, dan kode OTP dalam setiap transaksi perbankan yang ada di ponsel.
  3. Jangan pernah mengakses akun perbankan melalui jaringan Wi-Fi umum.
  4. Kejahatan bisa terjadi kapan pun dan di mana pun, selalu tingkatkan kewaspadaan.

Berita Terkait