Selebriti

Profil Daud Kim, YouTuber Mualaf Korea yang Viral Usai Galang Dana Pembangunan Masjid

Profil Daud Kim, YouTuber Mualaf Korea yang Viral Usai Galang Dana Pembangunan Masjid
Profil Daud Kim yang merupakan YouTuber Mualaf Korea. (Foto: Instagram @jaehan9192)

PASUNDAN EKSPRES - Baru-baru ini, nama Daud Kim menjadi buah bibir di media sosial, berikut profil Daud Kim yang merupakan YouTuber Mualaf Korea.

Daud Kim kembali membuat kontroversi setelah mengumumkan dirinya akan membangun masjid di Incheon, Korea Selatan.

Namun, aksi ini rupanya menjadi pro dan kontra di media sosial setelah ia membuka donasi atau penggalangan dana untuk pembangunan masjid tersebut.

Rupanya, ia membuka donasi untuk pembangunan masjid itu melalui rekening pribadi Daud Kim yang akhirnya menjadi kontroversi di kalangan netizen.

Beberapa netizen pun mengingatkan agar tidak memberikan donasi melalui rekening pribadi sebab hal itu dinilai ilegal di Korea Selatan.

Lantas, siapakah Daud Kim yang kini menjadi perbincangan hangat netizen di media sosial?

Berikut profil Daud Kim yang merupakan YouTuber Mualaf asal Korea Selatan.

Profil Daud Kim

Daud Kim memiliki nama asli Kim Jae Han yang lahir di Korea Selatan, 9 Januari 1992.

Awalnya, ia sering membuat cover lagu-lagu yang cukup terkenal di channel YouTubenya.

Bahkan, ia pernah mengecover lagu Rizky Febian "Cukup Tau" versi Bahasa Korea.

Hal itu sempat viral di kalangan netizen Indonesia yang membuat ia mendapat kesempatan untuk datang ke Indonesia dan menjadi bintang di Korean Festival.

Pada tahun 2019, ia mengejutkan publik dengan mengumumkan bahwa dirinya telah memeluk agama Islam dan menjadi seorang mualaf.

Hal ini pernah ia ceritakan tentang perjalanannya mengenal agama Islam hingga memutuskan mualaf dengan mengucapkan dua kalimat syahadat di sebuah masjid di Itaewon, Korea Selatan dan mengganti namanya menjadi Daud Kim.

Daud Kim mengaku bahwa ia tertarik dengan agama Islam setelah datang ke Indonesia dan melihat kebaikan dan keramahan umat Muslim di Indonesia yang membuatnya ingin mengenal lebih dalam tentang agama Islam.

Sejak saat itu, ia lebih banyak membagikan konten mengenai kegiatannya sebagai mualaf Korea di channel YouTubenya.

Namun, ia sempat menimbulkan kontroversi setelah terlibat kasus pelecehan seksual pada tahun 2019 dan video tersebut baru terungkap pada tahun 2020.

Daud Kim pun membuat video permintaan maaf atas kejadian tersebut dan mengakui perbuatan tersebut dengan beralasan sedang di bawah pengaruh alkohol.

Selain itu, ia juga diduga pernah melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap mantan istrinya, Mia.

Kasus terbaru Daud Kim yang menjadi viral saat ini adalah penggalangan dana untuk pembangunan masjid di Incheon, Korea Selatan yang direncanakan oleh Daud Kim.

Namun, rencana tersebut dibatalkan sebab mengundang protes dari masyarakat setempat.

Tidak hanya itu, aksi ini juga menimbulkan kecurigaan dari netizen sebab dituding Daud Kim melakukan penipuan dengan cara menggalang donasi melalui rekening pribadinya.

Beberapa netizen pun mengingatkan masyarakat agar berhati-hati untuk memberikan donasi melalui rekening pribadi sebab hal itu dinilai ilegal di Korea Selatan. (inm)

Berita Terkait