Sepak Bola

Matt Baker, Salah Satu Pemain Diaspora yang dipanggil Timnas Indonesia U-16?

Matt Baker, Pemain diaspora Indonesia U-16
Pemain diaspora Indonesia U-16 asal Australia Matt Baker disinyalir dipanggil Timnas Indonesia U-16 (Sumber: southeastasiantalent)

PASUNDAN EKSPRES - Dalam unggahan Instagram pribadinya, Tenaga Ahli Kemenpora bidang Diaspora Hamdan Hamedan mengungkapkan telah memberikan data pemain diaspora U-16 Indonesia kepada Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto. Hal tersebut diperlihatkan keduanya sedang menggenggam secarik kertas bertuliskan "Database Atlet Diaspora Sepakbola U-16 2024" secara simbolik.

"Alhamdulillah, senang hari ini bisa berdiskusi di @kemenpora dengan Coach Nova dan menyerahkan data para pemain diaspora Indonesia U-16. Semoga bermanfaat dan sukses selalu, Coach @novarianto30," tulis Hamdan Hamedan pada unggahan fotonya bersama Nova Arianto.

Namun, dalam unggahan tersebut terdapat sesuatu menarik yang dapat diperhatikan. Hal tersebut adalah kemunculan gambar sosok salah satu pemain diaspora Indonesia Matt Baker pada layar maupun kertas yang dipegang oleh Hamdan maupun Nova.

 

BACA JUGA:Indonesia Teruskan Naturalisasi Pemain Keturunan, Malaysia Justru Kedapatan Pemain Palsu

 

Dilansir dari Southeast Asian Talent, Matt Baker merupakan pesepakbola yang memiliki nama lengkap yaitu Matthew Sitorus Baker. Ia sendiri lahir pada 13 Mei 2009 di Australia. Darah Indonesianya mengalir dari sang ibu yang berasal dari Jakarta. Matt Baker yang memiliki tinggi badan 172 cm ini berposisi sebagai bek tengah, meski demikian dia bisa bermain di berbagai posisi seperti bek kiri, gelandang serang, dan juga gelandang tengah.

Saat ini dirinya bermain untuk salah satu klub kasta tertinggi Australia, Melbourne City. Sebelumnya Matt pernah bermain di beberapa klub di Australia seperti Malvern City dan Box Hill United.

Dilansir dari detiksport Timnas Indonesia U-16 telah disodori 37 nama pemain diaspora Indonesia. Nantinya akan diseleksi yang terbaik dari mereka untuk diikutsertakan dalam Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia U-16 selanjutnya. Salah satu syarat wajibnya mereka memiliki paspor Indonesia.

"Ada sekitar 37 pemain diaspora, tetapi yang mempunyai paspor Indonesia hanya sekitar sembilan. Jadi setelah itu kami akan komunikasi dengan PSSI bagaimana situasi dan mekanismenya," ucap Nova Arianto.

Timnas Indonesia U-16 sendiri saat ini tengah mempersiapkan tim untuk menatap gelaran Piala AFF U-16 2024. Saat ini sebanyak 32 pemain dipanggil untuk menjalani TC tahap pertama yang akan digelar di Jakarta pada 18 sampai dengan 21 Februari. Adapun TC Timnas U-16 selanjutnya dijadwalkan akan digelar pada April mendatang. TC tersebut akan diikuti oleh pemain-pemain yang lolos seleksi dari Gelombang 1, 2, dan 3.

"Yes mungkin di April (dipanggil)," ucap Nova Arianto mengenai rencana pemanggilan pemain diaspora.(fsh)

Berita Terkait