Sepak Bola

Profil Adham Makhadmeh, Wasit Yordania yang Pimpin Laga Arab Saudi vs Timnas Indonesia

Biodata dan Rekam Jejak Adham Makhadmeh, Wasit di Laga Arab Saudi Vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Ist)
Biodata dan Rekam Jejak Adham Makhadmeh, Wasit di Laga Arab Saudi Vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Ist)

PASUNDAN EKSPRES - Adham Makhadmeh, wasit asal Yordania yang saat ini bertugas di Liga 1 Indonesia, akan menjadi pengadil pada pertandingan antara Arab Saudi dan Timnas Indonesia di laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan ini akan digelar di Stadion King Abdullah Sport City, Kamis (5/9) malam atau Jumat (6/9) dini hari, pukul 01.00 WIB.

Makhadmeh bukanlah sosok yang asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Wasit berusia 37 tahun ini telah memimpin empat pertandingan di Liga 1 musim 2024/2025. Beberapa pertandingan yang dipimpin oleh Makhadmeh antara lain Semen Padang vs Borneo FC, Barito Putra vs Madura United, PSS Sleman vs Persik Kediri, dan Persib Bandung vs Arema FC.

Selama memimpin empat pertandingan tersebut, Makhadmeh telah mengeluarkan 21 kartu kuning. Ia dikenal tegas dan tidak ragu untuk memberikan kartu jika pemain terindikasi melakukan pelanggaran keras. Bahkan, setelah memimpin laga antara Persib dan Arema, Makhadmeh mendapat protes keras dari manajer tim Persib, Umuh Muchtar, yang menilai bahwa wasit asal Yordania itu tidak tahu aturan dan memimpin pertandingan dengan asal-asalan.

Adham Makhadmeh sudah memegang lisensi wasit FIFA sejak 2013 dan memiliki pengalaman memimpin pertandingan di Liga Champions Asia. Sama seperti di Liga 1, Makhadmeh juga sering mengeluarkan kartu kuning dalam ajang kontinental. Di level tim nasional, Makhadmeh telah memimpin 11 pertandingan dengan total 29 kartu kuning yang dikeluarkan.

Gaya memimpin Makhadmeh yang tegas ini bisa menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia, mengingat Arab Saudi dikenal dengan permainan fisik yang keras dan kerap melakukan provokasi untuk merusak konsentrasi lawan. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menyatakan bahwa ia tidak gentar dengan gaya permainan kasar lawan dan percaya wasit akan menjaga disiplin pertandingan.

Meski Timnas Indonesia tidak diunggulkan dalam pertandingan ini, Shin Tae Yong optimistis skuad Garuda mampu memberikan kejutan dan setidaknya meraih hasil imbang atau satu poin dari Arab Saudi.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua