Tekno

Telkomsat Memberikan Pemahaman tentang Starlink, Justifikasi Kolaborasi, dan Kompetisi

Telkomsat Memberikan Pemahaman tentang Starlink
Foto via Screenshot/Dok. PT Telkom Indonesia

PASUNDAN EKSPRES -  Telkomsat mengungkap pendapatnya mengenai kehadiran Starlink di Indonesia serta kolaborasi yang terjalin dengan perusahaan milik Elon Musk tersebut. Starlink telah digunakan di Indonesia melalui layanan Telkomsat, anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

 

Telkomsat memanfaatkan Starlink sebagai bagian dari infrastruktur jaringan, menghubungkan jaringan utama dengan akses yang dikenal sebagai backhaul.

 

Anggoro Kurnianto, Direktur Pengembangan Bisnis Telkomsat, menjelaskan bahwa kerja sama dengan Starlink didasari oleh kebutuhan akan kapasitas yang lebih besar untuk titik-titik dengan latensi rendah dan kebutuhan akan kapasitas besar.

BACA JUGA:Pentingnya Menghindari Pengisian Baterai HP Hingga Penuh 100% Begini Penjelasannya

 

Menurutnya, penggunaan satelit sendiri memiliki keterbatasan, sehingga Telkomsat memilih untuk bekerja sama dengan Starlink. 

 

Penggunaan Starlink menjadi bagian tambahan dari layanan yang disediakan oleh Telkomsat. Anggoro menyatakan bahwa Starlink memberikan manfaat bagi perusahaan tersebut, terutama dalam mempercepat waktu pemulihan layanan saat terjadi gangguan dan menyediakan kapasitas yang cukup besar.

 

Bekerja sama elon musk dalam hal ini dengan Starlink karena kita membutuhkan kapasitas jauh lebih besar untuk titik yang membutuhkan latensi rendah dan kapasitas besar. Sementara kalau menggunakan satelit sendiri sangat terbatas," jelasnya di Jakarta, Seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia pada Selasa 26 Maret 2024.

 

Sementara itu, ada laporan bahwa Starlink akan memasuki pasar Indonesia melalui segmen ritel, bahkan diisukan akan masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Dalam menghadapi hal ini, Telkomsat berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat dan memberikan manfaat melalui infrastruktur yang dimiliki.

 

Anggoro menekankan bahwa Telkomsat akan tetap profesional dalam berkompetisi atau menyediakan layanan, tidak peduli dengan teknologi yang digunakan, baik itu LEO atau GEO seperti satelit HTS Merah Putih 2 yang telah diluncurkan.

BACA JUGA:TikTok Diblokir, Joe Biden Risiko Kekalahan di Pemilu 2024

 

Sebagai perusahaan lokal, Anggoro percaya bahwa Telkomsat memiliki keunggulan yang hanya diketahui oleh masyarakat Indonesia, yang dapat dimanfaatkan untuk mencari solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan negara ini.

(hil/hil)

Berita Terkait