Tekno

Zuckerberg Berencana Mengembangkan 'Android' Baru, Bersaing dengan Apple dan Google

Zuckerberg Berencana Mengembangkan 'Android' Baru, Bersaing dengan Apple dan Google
Zuckerberg Berencana Mengembangkan 'Android' Baru, Bersaing dengan Apple dan Google/foto Zuckerberg via screnshoot Bloomberg Technoz

PASUNDAN EKSPRES - Mark Zuckerberg telah mengumumkan rencananya untuk menciptakan sebuah platform yang mirip dengan 'Android' khusus untuk perangkat realitas virtual (VR). 

Seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia pada Selasa 23 April 2024, Meta sedang bekerja sama dengan Microsoft, Lenovo, dan Asus untuk mengembangkan sistem operasi yang akan digunakan dalam perangkat buatan mereka.

Meta, yang merupakan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp, juga dikenal karena menciptakan kacamata pintar bernama Quest yang menjalankan sistem operasi bernama Horizon.

BACA JUGA:Begini Cara Menggunakan WhatsApp Web di Hp, Jarang Diketahui Orang Banyak Yuk Simak

Kemitraan ini akan memposisikan Meta di pasar seperti yang telah dilakukan Google dalam industri perangkat keras (HP). 

Sistem operasi Horizon akan diterapkan pada headset yang diproduksi oleh merek-merek tersebut, dengan kemampuan menjalankan perangkat lunak yang sama. 

Sebagaimana Android yang disediakan oleh Google secara gratis kepada produsen HP di seluruh dunia.

Langkah Meta ini diperkirakan akan membagi pasar VR menjadi dua kubu yang berbeda. 

Sebelumnya, pada bulan Januari, Apple juga telah merilis perangkat VR dengan harga US$ 3.500 yang diberi nama Apple Vision Pro dan menjalankan sistem operasi khusus yang disebut visionOS.

Mark Zuckerberg, CEO Meta, mengakui bahwa langkah ini akan menciptakan situasi persaingan serupa dengan pasar smartphone dalam ranah VR. 

Seperti pertarungan antara iOS dan Android di pasar smartphone, Horizon dari Meta akan bersaing dengan visionOS dalam menarik minat konsumen dan pengembang aplikasi.

Harga perangkat VR saat ini masih tergolong tinggi dengan ekosistem yang tertutup. 

Namun, langkah Meta dapat mendorong perusahaan-perusahaan elektronik lain untuk memproduksi perangkat yang lebih terjangkau dengan menggunakan sistem operasi buatan Meta.

Zuckerberg menyatakan, "Setiap era komputasi memiliki model yang tertutup dan terbuka. Apple telah sukses dengan model yang tertutup di bidang HP, di mana mereka memiliki kendali penuh atas apa yang diizinkan dilakukan oleh pengguna. Namun, tidak harus selalu demikian."

Meta telah mengalami kendala dengan berbagai kebijakan pembatasan yang diberlakukan oleh Apple melalui App Store. 

Zuckerberg juga menyatakan bahwa melalui teknologi VR dan AR, Meta memiliki peluang untuk membuka toko aplikasi sendiri untuk perangkat generasi baru.

BACA JUGA:Spesifikasi Rahasia Chip HP Huawei Pura 70 Pro Menimbulkan Rasa Penasaran di AS

"Tujuan kami adalah membuat industri perangkat pintar kembali menjadi model terbuka melalui metaverse, kacamata pintar, dan headset," ujar Zuckerberg.

 

Berita Terkait