Tekno

Spesifikasi Rahasia Chip HP Huawei Pura 70 Pro Menimbulkan Rasa Penasaran di AS

Spesifikasi Rahasia Chip HP Huawei Pura 70 Pro Menimbulkan Rasa Penasaran di AS
Spesifikasi Rahasia Chip HP Huawei Pura 70 Pro Menimbulkan Rasa Penasaran di AS/foto via YouTube/gizmochina

PASUNDAN EKSPRES -  Huawei telah secara resmi meluncurkan rangkaian ponsel terbarunya yang dikenal sebagai Pura 70.

Sebagaimana dengan peluncuran Mate 60 Pro, perusahaan ini tidak memberikan banyak informasi mengenai chip yang menggerakkan kinerja perangkat tersebut.

 

Pura 70 telah dilaporkan memiliki dukungan untuk jaringan 5G, suatu klaim yang dikuatkan oleh Lucas Zhuang, seorang penggunayang telah melakukan pengujian kecepatan jaringan pada ponsel tersebut.

 

Sejumlah pengulas telah memberikan pandangan mereka terhadap ponsel ini.

Beberapa di antaranya menyatakan bahwa Pura 70 dilengkapidengan chip Kirin 9010, sebuah informasi yang dikutip oleh Reuters pada Senin 22 April 2024.

BACA JUGA:Pemerintah Belanda Berhenti Menggunakan Facebook karena Alasan Ini!

Reuters melaporkan bahwa Kirin 9010, sedikit meningkat dari pendahulunya, Kirin 9000s, yang telah digunakan dalam perangkat Mate 60 Pro.

Beberapa ulasan juga menunjukkan bahwa Kirin 9010 memiliki kecenderunganuntuk tidak cepat panas seperti halnya Kirin 9000s.

 

Kehadiran perangkat canggih Huawei ini sekali lagi menyoroti usaha Amerika Serikat (AS) untuk membatasi akses terhadap chip yang berasal dari China, termasuk larangan pemberian lisensi chip 5G kepada negara tersebut.

 

Pemerintah AS juga menargetkan Huawei, dengan memasukkannya dalam daftar perusahaan yang dianggap memiliki risiko terhadap keamanan nasional sejak tahun 2018.

 

Kehadiran misterius chip pada perangkat Huawei telah menimbulkan rasa penasaran dari pihak pemerintahan AS.

Dilaporkan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden sedang melakukan penyelidikan terhadap chip tersebut dan menyatakan adanya potensi pelanggaran yang dilakukan oleh SMIC, produsen chip di China.

 

Pura 70 Pro dan Pura 70 Ultra telah dijual perdana pada hari Kamis (18/4/2024), sementara versi Plus dan versi dasarnya akan tersedia pada Senin waktu setempat (22/4/2024).

 

Huawei menjual seri Pura 70 dengan harga yang bervariasi, dimulai dari 5.499 yuan atau sekitar Rp 12,3 jutaan.

BACA JUGA:Dewan Perwakilan Amerika Serikat Menyetujui RUU untuk Menghambat TikTok

 

Tidak butuh waktu lama bagi masyarakat China untuklangsung menyerbu penjualan perdana Pura 70. Reuters melaporkan bahwa stok habis dalam waktu satu menit setelah penjualan dibuka di toko online resmi Huawei.

 

Selain itu, ratusan orang juga dilaporkan mengantri di berbagai toko Huawei di beberapa kota, termasuk Beijing, Shanghai, dan Shenzhen.

(hil/hil)

 

 

Berita Terkait