Daerah

Industri Pariwisata di Ciater Mulai Pulih, D'Sultan Cafe and Resto Mulai Ramai Dikunjungi Bule

D'Sultan Cafe and Resto di Subang kembali menyambut kunjungan wisatawan asing setelah lama absen akibat pandemi COVID-19.
D'Sultan Cafe and Resto di Subang kembali menyambut kunjungan wisatawan asing setelah lama absen akibat pandemi COVID-19.

SUBANG-D'Sultan Cafe and Resto di Subang kembali menyambut kunjungan wisatawan asing setelah lama absen akibat pandemi COVID-19. 

Penanggung jawab D'Sultan Cafe and Resto, Ade, mengatakan kunjungan wisatawan asing ke tempat mereka mulai kembali ramai, mengindikasikan pulihnya sektor pariwisata di daerah tersebut.

"Sebelum pandemi, kunjungan dari luar negeri memang sempat menurun drastis. Namun, sekarang alhamdulillah sudah mulai ramai lagi. Sebelumnya, rute perjalanan wisatawan biasanya dari Jakarta, Bogor, kemudian Bandung, Ciater, dan kembali ke Bandung. Kini, rutenya berubah menjadi Jakarta, Subang, Cipali, dan Ciater," jelas Ade kepada Pasundan Ekspres. 

Ade mengungkapkan,  jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke D'Sultan Cafe and Resto bervariasi. 

"Jumlahnya tidak tentu, kadang ada 20 hingga 30 orang dalam satu rombongan. Mereka biasanya lebih menyukai makanan khas Indonesia. Di D'Sultan, kami menawarkan menu yang sangat bervariasi, namun nasi goreng nanas dan makanan khas lainnya menjadi favorit para wisatawan asing," tambahnya.

Meski demikian, Ade menegaskan bahwa tidak ada perlakuan khusus bagi tamu asing. 

"Pelayanan kami harus sama baik untuk tamu asing maupun lokal. Tidak ada pelayanan khusus, mungkin hanya masalah bahasa saja. Sebagian staf kami menguasai bahasa Inggris, sebagian lagi belum, tapi tidak perlu khawatir karena kami menyediakan pemandu wisata (guide) yang membantu komunikasi," kata Ade.

Kunjungan wisatawan asing ke D'Sultan Cafe and Resto saat ini masih belum terlalu sering.

"Saat ini kunjungan wisatawan asing ke tempat kami masih sekitar dua minggu sekali. Kami berharap situasi segera normal kembali dan kunjungan bisa lebih sering, mudah-mudahan setiap hari tempat ini penuh dengan pengunjung," harap Ade.(hdi/ysp) 

 

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua