SMPN 4 Subang Perkenalkan Jurnalistik dan Literasi ke Siswa

Yusup Suparman - 24 Februari 2024, 17:49WIB
SMPN 4 Subang memperkenalkan jurnalistik dan literasi ke siswa.
SMPN 4 Subang memperkenalkan jurnalistik dan literasi ke siswa.

SUBANG-Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Subang mengadakan kegiatan pengenalan jurnalistik dan literasi kepada siswa kelas VII dan VIII yang dilakukan di Aula sekolah pada hari Jumat dan Sabtu, 23-24 Februari 2024. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan bakat siswa dalam bidang jurnalistik dan literasi, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis dan berkomunikasi.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SMPN 4 Subang, Edi Badrisyeh S.Pd M MPd. Dia menyampaikan, bahwa jurnalistik dan literasi merupakan dua hal yang penting dalam kehidupan. 

"Kegiatan jurnalistik juga dapat membantu siswa untuk belajar bagaimana mencari informasi yang akurat dan menyampaikannya dengan jelas dan ringkas, sedangkan literasi membantu siswa untuk memperluas wawasan dan pengetahuan," ungkapnya.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan dua sesi seminar, yaitu seminar jurnalistik dan seminar literasi. Seminar jurnalistik menghadirkan narasumber Risnawati Kepala Sekolah SDN Rosela Indah. 

Dalam seminarnya, Risnawati memaparkan tentang dasar-dasar jurnalistik, seperti teknik penulisan berita, wawancara, hingga editing.

Setelah materi jurnalistik, narasumber dari Komunitas Literasi Subang, Ai Sumartini Dewi selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kecamatan Subang, memberikan materi tentang pentingnya membaca, teknik menulis kreatif, dan cara membuat karya literasi yang menarik.

Selain itu, Ketua Pelaksana Pelatihan Jurnalistik Liawati S. Pd, mengatakan, kegiatan ini kemungkinan akan diadakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan minat dan bakat siswa dalam bidang jurnalistik dan literasi. 

Dalam kegiatan ini sebanyak 75 peserta yang mengikuti para siswa-siswi sangat antusias saat kegiatan dimulai hingga selesai. 

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa-siswi bisa memanfaatkan materi yang dijelaskan oleh narasumber sehingga bisa diterapkan terhadap lingkungan sekitar.(znl/ysp) 

Berita Terkait

Pasundan Ekspres