Daerah

Sekolah Harus Memperhatikan Pengadaan Kegiatan Pesantren Kilat di Bulan Ramadan

Kegiatan Pesantren Kilat di Bulan Ramadan. (Sumber Ilustrasi: Masagi Pedia)
Kegiatan Pesantren Kilat di Bulan Ramadan. (Sumber Ilustrasi: Masagi Pedia)

PASUNDAN EKSPRES - Imbauan untuk penyelenggaraan pesantren kilat wilayah Bekasi selama bulan Ramadan telah dikeluarkan oleh Pemda melalui Disdik Kabupaten Bekasi.

Kegiatan pesantren kilat bagi pelajar SD dan SMP ini diselenggarakan untuk memperdalam pengetahuan agama terutama tentang amalan di Bulan Ramadan.

Selain itu, Iman juga berpendapat bahwa pesantren kilat ini sangat penting untuk diikuti karena manusia itu memiliki rasa tolernasi dan saling menghormati.

 

BACA JUGA:Lapas Kelas IIA Subang Gelar Pesantren Kilat Ramadan Bagi Warga Binaan

BACA JUGA:5 Tips Menahan Emosi di Bulan Puasa, Bikin Hati Tenang, Ramadan Makin Tentram

 

Hal tersebut sudah menjadi bagian dari pembentukan kepribadian para pelajar.

"Memang di sekolah (waktu) terbatas. Tetapi, setidaknya penyampaian materi siraman rohani yang terus menerus dilakukan oleh tenaga pendidik atau guru mungkin akan sedikit banyak berpengaruh," ungkap Iman seperti yang dikutip dari KBE.

Pentingnya peran lingkungan dan masyarakat dalam mencegah tawuran dan perilaku kenakalan remaja juga penting.

"Artinya, perlu strategi dan kolaborasi termasuk dari masyarakat ketika ada anak-anak sekolah tidak langsung pulang ke rumah, untuk diingatkan jangan sampai ada kerumuman," terangnya.

 

BACA JUGA:Bangun Generasi Qurani Lewat Pesantren Ramadan, Antusias Siswa SDN Setramanah Tinggi

 

Pj Bupati Dani Ramdan telah mengimbau satuan pendidikan di Kabupaten Bekasi untuk memasukkan materi agama dan praktik ibadah puasa ke dalam program pendidikan bagi para siswa.

"Kepada segenap aparatur pemerintah, penanggungjawab lembaga pendidikan, saya harap dapat menjelaskan tugas dengan ikhlas dan disiplin. Selain itu bisa melaksanakan program dengan mengarahkan kepada pentingnya penyajian materi agama dan amaliyah puasa atau Ramadan. Mungkin bisa menyelenggarakan pesantren kilat ya di sekolah-sekolah di akhir Ramadan ini," jelasnya.

 

(pm)

Berita Terkait