Daerah

POLSUB Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri, Catat Tanggal Pentingnya!

Seleksi Mandiri masuk POLSUB resmi dibuka.
Seleksi Mandiri masuk POLSUB resmi dibuka.

SUBANG-Penerimaan Mahasiswa Jalur Seleksi Mandiri di Politeknik Negeri Subang (POLSUB) resmi dibuka. Untuk jalur penerimaan ketiga ini, POLSUB membuka tiga gelombang proses masuk yaitu, gelombang 1 yang mencakup jalur tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), gelombang 2 yang menekankan kepada prestasi calon mahasiswa, serta gelombang 3 yang juga melalui tes Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Jalur SM yang disediakan POLSUB secara resmi dibuka pada tanggal 02  Mei 2024 kemarin. Calon mahasiswa baru bisa mendaftar melalui laman https://pmb.polsub.ac.id/seleksi-mandiri/ dengan memilih jalur tes UTBK, prestasi, dan jalur tes.

Pada gelombang 1, calon mahasiswa baru akan tes menggunakan UTBK yang diselenggarakan oleh seluruh Politeknik dan Politani Negeri se-Indonesia. Pelaksanaan seleksi ini berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah melalui tes.

"Di gelombang 1 yaitu jalur tes UTBK, calon mahasiswa baru POLSUB akan diseleksi melalui tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu, potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris," jelas Wiwik Endah Rahayu, Wakil DIrektur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Untuk jalur kedua adalah jalur prestasi yang berfokus pada penjaringan calon mahasiswa baru yang memliki penghargaan atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh semasa di pendidikan menengah. Pada jalur ini, calon mahasiswa baru akan disaring berdasarkan kompetensi holistik ataupun lintas disipliner, baik di bidang akademik maupun non akademik.

"Sebagai lampirannya, para calon mahasiswa baru harus melampirkan nilai raport, prestasl, hasil nilai UTBK pada saat SNBT, ataupun surat keterangan yang menjelaskan bahwa siswa tersebut berprestasi," tambah Dosen Jurusan Pertanian tersebut.

Pada jalur terakhir, koordinator Seleksi Mandiri POLSUB, Wardah Fauziyah menuturkan bahwa tes nanti akan dilaksanakn untuk menguji calon mahasiswa baru melalui Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Soal – soal yang akan diujikan pada tes tersebut akan menitikberatkan kepada kemampuan penalaran, bukan kepada hafalan.

Untuk perbedaannya, gelombang pertama akan dilaksanakan untuk menguji calon mahasiswa baru melalui tes yang berfokus kepada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, sedangkan untuk gelombang kedua, tes akan dilaksanakn untuk menguji calon mahasiswa baru melalui Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

”Adanya jalur tes dan prestasi ini supaya calon mahasiswa baru POLSUB memang benar – benar mampu dan kompeten, sehingga nantinya mereka bisa menyelesaikan studi di POLSUB dengan baik dan tepat waktu,” ungkap Wardah.

Adapun jadwal pelaksanaanya sebagai berikut:
Seleksi Mandiri Tes UTBK
Pendaftaran : 02 Mei - 20 Juni
Tes : 22 Juni
Pengumuman : 08 Juli

Seleksi Mandiri Prestasi POLSUB
Pendaftaran : 01- 30 Juni
Wawancara : 03 Juli
Validasi berkas : 03 - 08 Juli
Pengumuman : 10 Juli

Seleksi Mandiri Tes TPA TPA POLSUB
Pendaftaran : 24 Juni - 17 Juli
TKA dan TPA : 20 Juli
Pengumuman : 22 Juli

Berita Terkait