Daerah

Telusuri Sejarah HUT Subang yang Sebenarnya, Harusnya Bukan 5 April?

Sejarah HUT Subang pada 5 April. (Sumber Foto: Putri Melania/Pasundan Ekspres)
Sejarah HUT Subang pada 5 April. (Sumber Foto: Putri Melania/Pasundan Ekspres)

PASUNDAN EKSPRES - Subang, sebuah kota kecil di Jawa Barat yang akan merayakan hari jadinya yang ke-76 pada 5 April 2024. Bagaimana sejarah HUT Subang yang akan dirayakan bersama pada hari Jumat esok?

Sejarah HUT Subang pada 5 April

Besok, atau tepatnya hari Jumat, 5 April 2024, Kabupaten Subang akan merayakan hari jadinya yang ke-76.

Sebagai tanda ikut merayakan hari jadinya, mari kita membahas sedikit mengenai sejarah HUT Subang ini.

Melansir dari kotasubang.com yang mengutip isi buku sejarah Subang terbitan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Subang dan juga buku "Subang Dalam Dimensi Jaman", penentuan hari jadi Subang itu merujuk pada sebuah rapat di daerah Cimanggu, Desa Cimenteng, Kecamatan Cijambe yang digelar pada tanggal tersebut (5 April 1948).

 

BACA JUGA:Link Download Logo HUT Subang Ke-76 Tahun 2024, Kabupaten Subang Ngahiji!

BACA JUGA:Warga Subang Harus Tahu! keunggulan Samsat Subang yang Menguntungkan

 

Sedikit bergeser ke masa Pasca Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintahan darurat memutuskan untuk membagi Kabupaten Karawang menjadi dua bagian yakni Kabupaten Karawang Barat dan Kabupaten Karawang Timur pada tanggal 5 April 1948 tersebut dan Wilayah Subang dan Purwakarta kemudian termasuk ke dalam Kabupaten Karawang Timur.

Kontroversi Penentuan Tanggal Hari Jadi Subang

Sebenarnya, penetapan 5 April sebagai hari jadi atau hari lahir Subang ini banyak yang tidak setuju dikarenakan dinilai tidak mempertimbangkan aspek politis dan geografis.

 

BACA JUGA:4 Peninggalan Belanda di Subang, Bagian dari Sejarah Tempo Dulu

 

Sebagai contoh, Armin Asdi dalam bukunya yang berjudul "5 April 1948: Hari Jadi Kabupaten Subang dengan Latar Belakang Sejarahnya" menyebutkan sempat adanya perdebatan sebelum dikeluarkannya Keputusan DPRD No: 01/SK/DPRD/1977 mengenai 5 April 1948 sebagai HUT Subang, seperti yang dilansir dari Clue Today.

Lalu, Pemerhati Budaya dan Sejarah, M. Khadar Hendarsyah, M.Hum pun menilai bahwa seharusnya penetapan HUT Subang ini mengacu pada lahirnya nama Kabupaten Subang dengan pemerintahan dan luasan wilayah sendiri. 

Ia mengatakan bahwa HUT Subang lebih tepat ditetapkan pada 29 Juni 1968.

 

(pm)

Berita Terkait