Daerah

Kecamatan Jalancagak Raih Penghargaan Kebersihan untuk Kedua Kalinya

Kecamatan Jalancagak kembali raih penghargaan sebagai kecamatan terbaik dlaam bidang kebersihan
Kecamatan Jalancagak kembali raih penghargaan sebagai kecamatan terbaik dlaam bidang kebersihan.

SUBANG-Kecamatan Jalancagak kembali meraih penghargaan sebagai kecamatan terbaik dalam bidang kebersihan, yang kedua kalinya berturut-turut pada Jum'at, (5/7).

Prestasi ini mencerminkan komitmen Kecamatan Jalancagak dalam menjaga kebersihan dan menjadi teladan bagi wilayah lain di Kabupaten Subang.

Sekretaris Kecamatan Jalancagak, Pedro, menyatakan bahwa penghargaan ini diraih karena upaya konsisten dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

"Penghargaan ini sudah kita raih selama dua tahun berturut-turut. Awalnya, kami pernah mendapatkan penghargaan sebagai kecamatan tergiat dalam kebersihan yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH). Tahun ini, kami kembali mendapatkan penghargaan yang sama, karena komitmen kami dalam menjaga kebersihan," ujar Pedro.

Pedro menambahkan, salah satu langkah yang dilakukan oleh Kecamatan Jalancagak untuk meraih penghargaan ini adalah dengan menggiatkan program kebersihan secara rutin. 

"Setiap hari, satu jam sebelum jam kerja dimulai, seluruh staf kecamatan, termasuk camat dan saya sendiri, wajib membersihkan lingkungan sekitar. Tidak ada yang langsung bekerja atau minum kopi. Terutama pada hari Jumat, seluruh pemangku kepentingan, termasuk UPTD dan muspika, melakukan kegiatan bersih-bersih secara serempak selama satu jam di pagi hari," jelasnya.

Untuk memastikan kebersihan di Jalancagak tetap terjaga, kecamatan juga mempekerjakan beberapa petugas kebersihan yang bertugas menyapu jalan. 

"Kami membayar tiga pegawai khusus untuk menyapu jalan, terutama pada hari Senin, karena banyak pengunjung yang datang ke Ciater pada akhir pekan dan sering kali membuang sampah sembarangan. Di setiap desa, ada satu petugas kebersihan yang didanai dari Alokasi Dana Desa (ADD), sedangkan petugas kebersihan di kecamatan didanai oleh sumbangan dari perusahaan-perusahaan yang ada di Jalancagak," tambah Pedro.

Meski demikian, Pedro mengakui bahwa ada tantangan dalam menjaga semangat kebersihan di kalangan pegawai kecamatan. 

"Semangat kerja itu kadang naik turun, terutama ketika pekerjaan lain menumpuk. Namun, kami tidak henti-hentinya mengingatkan dan memotivasi kembali pentingnya kebersihan. Salah satu upaya kami adalah dengan membuat tempat pembuangan sampah (TPS) sendiri seluas dua hektare untuk memudahkan warga membuang sampah," kata Pedro.

Pedro mengungkapkan, rencana jangka panjang Kecamatan Jalancagak untuk terus mempertahankan prestasi ini. 

"Kami berkomitmen untuk mempertahankan Jalancagak sebagai kecamatan yang giat dalam kebersihan. Ini adalah program unggulan kami yang akan terus kami junjung tinggi. Selain itu, menjaga kebersihan adalah kewajiban kita dan juga bagian dari sunnah, karena 'kebersihan adalah sebagian dari iman' (annadhafatul minal iman)," tutupnya.(hdi/ysp) 

Tag :

Berita Terkait