Film

Di tengah Huru-Hara, Film Vina: Sebelum 7 Hari Tembus 1 Juta Penonton

Di tengah Huru-Hara, Film Vina: Sebelum 7 Hari Tembus 1 Juta Penonton
Di tengah Huru-Hara, Film Vina: Sebelum 7 Hari Tembus 1 Juta Penonton (dok.instagram/filmvina)

PASUNDAN EKSPRES - Di tengah huru-hara, film Vina: Sebelum 7 Hari akhirnya tembus 1 juta penonton sejak tayang perdana pada 8 Mei 2024. 

Film berdasarkan kejadian asli kasus pembunuhan mendiang Vina di Cirebon tersebut menuai pro dan kontra di kalangan netizen.  

BACA JUGA:Tissa Biani dan Kevin Julio Reunian di Serial Alpha Girls, Siap Tayang di VIU

Ada yang menilai bahwa film Vina: Sebelum 7 Hari jadi momentum mencari keadilan untuk mengungkap pelaku yang masih menjadi buronan sampai saat ini. 

Namun, adapula yang menganggap bahwa film Vina: Sebelum 7 Hari justru mengeksploitasi tragedi tragis yang menimpa mendiang Vina. 

BACA JUGA:Lovely Runner akan Mengadakan Special Event untuk Para Penonton dan Penggemar Setianya

Oleh sebab itu, Anggy Umbara selaku sutradara film Vina: Sebelum 7 Hari mengungkapkan tak terima soal anggapan "eksploitasi" tersebut.   

"Hak masing-masing individu atau institusi untuk berpendapat dan tidak me-review, dan saya sangat menghargai perbedaan pendapat. Jadi silakan lakukan hal-hal yang sesuai dengan haknya masing-masing tanpa harus menginvasi atau menjajah hak orang lain, apalagi sampai ada kata-kata kasar, kotor, sumpah serapah atau hal-hal toxic lainnya terhadap pihak yang berbeda pendapat," kata Anggy Umbara yang dilansir dari IDN Times pada (12/5/2024). 

BACA JUGA:Bukan LK21 atau Loklok! Link Nonton Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 Kualitas HD

Adapun salah satu kritik yang jadi sorotan di media sosial adalah flm ini dianggap mengambil keuntungan dari kisah tragis seorang perempuan yang menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan. 

Namun, Anggy merasa kritikan tersebut teralalu berlebihan. Menurutnya, film Vina tidak sesuai dengan pengertian eksploitasi yang mengarah kepada pemerasan.

BACA JUGA:Sinopsis Hamka dan Siti Raham Vol 2, Kisah Lanjutan Buya Hamka yang Siap Tayang di Netflix

Di sisi lain, banyak orang berpendapat, jika ingin mencari keadilan, sebaiknya kasus ini dapat dibuat sebagai dokumenter true crime.

Menanggapi hal tersebut Anggy Umbara menjelaskan bahwa dirinya bukanlah sutradara film dokumenter. Itulah alasannya mengapa film Vina: Sebelum 7 Hari tak dibuat menjadi dokumenter. 

Di tengah huru-hara dan pro kontra, film Vina: Sebelum 7 Hari suskes disambut positif oleh penonton hingga tembus 1.194.268 juta penonton per tanggal 12 Mei 2024. Apa pendapatmu tentang kritikan film Vina: Sebelum 7 Hari ini?  

(nym)

Berita Terkait