Gadget

Xiaomi Mix Fold 4 Tantang Galaxy Z Fold 6 dengan Harga Lebih Terjangkau

Xiaomi Mix Fold 4
Xiaomi Mix Fold 4 jadi pesaing Galaxy Z Fold 6 tapi punya harga lebih murah. (screenshot @mi.com)

PasudanEkspres - Belum lama Samsung mengumumkan Galaxy Z Fold 6, ponsel layar lipat ini langsung memiliki pesaing berat. Pesaing yang dimaksud adalah Xiaomi Mix Fold 4 yang baru diluncurkan di China.

Xiaomi Mix Fold 4 memiliki layar bagian dalam berukuran 7,98 inci dengan resolusi 2K. Layar ini menggunakan panel Samsung E7 LTPO dengan refresh rate adaptif 1-120 Hz.

Layar bagian dalam ini mengadopsi teknologi Pol-less Plus yang diklaim canggih karena secara signifikan mengurangi konsumsi daya sambil meningkatkan kecerahan dan kinerja warna. Selain itu, teknologi ini memastikan pengalaman visual terbaik dalam keadaan terbuka dan terlipat, menurut perusahaan.

Layar bagian luar memiliki ukuran 6,65 inci FHD+ dengan panel FCL C*+ yang memiliki refresh rate 120Hz. Baik layar bagian cover maupun dalam memiliki tingkat kecerahan 3.000 nits, dukungan Dolby Vision dan HDR10+, serta dilindungi oleh Xiaomi Shield Glass.

Mix Fold 4 menggunakan engsel baru buatan Xiaomi yang diklaim menggunakan bahan berkekuatan tinggi yang dipasangkan dengan mekanisme transmisi baja keramik karbon tahan aus. Volume total engsel berkurang sebesar 34% dibandingkan dengan pendahulunya.

Berkat desain baru ini, Mix Fold 4 hanya setipis 4,59 mm saat dibuka. Ketika ponsel ini terlipat, bodinya memiliki ketebalan 9,47 mm.

Untuk pertama kalinya, Xiaomi Mix Fold 4 sepenuhnya mengadopsi "all-carbon architecture". Pelat engsel, layar, serta kompartemen baterai semuanya dicetak dengan presisi dari bahan serat karbon T800H. Ini secara signifikan meningkatkan kekuatan dan daya tahan keseluruhan sambil secara signifikan mengurangi berat badan.

Ponsel ini ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 3 dan sistem pendingin 3D luas dengan ukuran 11.912 mm² yang mencakup teknologi vapor chamber canggih dan beberapa lapisan grafit. Xiaomi Mix Fold 4 juga mendukung komunikasi satelit dua arah, serta sepenuhnya mendukung band komunikasi global dan menyertakan fitur "Asisten Perjalanan".

Dalam hal fotografi, ponsel ini memiliki empat kamera dengan Leica Summilux yang mencakup sensor utama 50MP Light Fusion 800 dengan teknologi "Dual Native ISO Fusion Max" yang menjanjikan reproduksi warna yang lebih akurat dan retensi detail yang lebih baik dalam adegan kontras tinggi.

Ada lensa ultra-wide 12MP yang menawarkan bidang pandang 120°, lensa telefoto mengambang Leica 50MP untuk potret dan makro, serta lensa telefoto periskop Leica 10MP 115mm yang juga mendukung pemotretan jarak dekat.

Baterai 5.100mAh memiliki teknologi anoda silikon-karbon generasi baru dan mendukung pengisian kabel 67W yang menawarkan pengisian daya 100% dalam 52 menit serta pengisian daya nirkabel 50W yang dapat mengisi daya ponsel dalam 65 menit.

Xiaomi Mix Fold 4 hadir dalam edisi serat komposit Putih, Hitam, Biru, dan Xiaomi. Ponsel layar lipat ini hanya dijual di China dengan harga sebagai berikut:

12/256 GB: 8.999 yuan atau Rp 20 juta

16/512 GB: 9.999 yuan atau Rp 22,3 juta

16 GB/1 TB: 10.999 yuan atau Rp 24,5 juta

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua