Gadget

Strategi Baru iPhone 16 untuk Melawan Samsung di Korea Selatan

Strategi Apple
Strategi Apple untuk penjualan iPhone 16 Series agar bisa lawan Samsung di Korsel. (screenshot iPhone 15 @apple.com)

PasundanEkspres - Apple sedang menyiapkan strategi baru untuk bersaing dengan Samsung di Korea Selatan. Salah satunya adalah dengan meluncurkan iPhone 16 series lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut laporan dari media Korea, ETNews, Apple kemungkinan akan menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu negara pertama yang menerima peluncuran iPhone 16 series. Ini berarti, peluncuran di Korea Selatan akan bersamaan dengan negara-negara fase pertama lainnya seperti Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan sebagainya.

Informasi ini telah tersebar di kalangan operator seluler di Korea. Namun, ETNews melaporkan bahwa meskipun operator di Korea tidak membantah laporan ini, mereka juga tidak mengonfirmasinya.

Ini adalah pertama kalinya Korea Selatan termasuk dalam daftar negara fase pertama sejak iPhone mulai dijual di negara tersebut pada tahun 2009. Biasanya, Korea selalu menjadi negara fase kedua atau ketiga yang harus menunggu beberapa minggu setelah peluncuran global untuk mendapatkan iPhone terbaru.

Misalnya, Apple mulai menjual iPhone 15 series pada 22 September 2023 di Amerika Serikat dan negara utama lainnya. Namun, penggemar Apple di Korea harus menunggu hingga 13 Oktober 2023 untuk membeli iPhone 15 series, seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (30/5/2024).

Hal ini disebabkan oleh semua produk elektronik yang dijual di Korea harus mendapatkan sertifikasi dari National Radio Research Institute. Selama proses sertifikasi ini, terkadang ada beberapa insiden di mana informasi produk bocor, dan sejumlah analis memperkirakan bahwa Apple tidak memasukkan Korea ke daftar negara peluncuran pertama untuk mencegah kebocoran informasi.

Alasan lain Apple memasukkan Korea dalam daftar negara peluncuran pertama adalah sebagai strategi untuk meningkatkan posisinya di Korea. Permintaan terhadap iPhone di Korea masih tinggi, terutama dari konsumen muda, dan strategi peluncuran yang lebih cepat ini diharapkan bisa menarik konsumen lain yang berpaling ke Samsung karena fitur Galaxy AI.

Laporan ETNews juga menyebutkan bahwa iPhone 16 series kemungkinan akan dirilis di Korea pada pertengahan September tahun ini. Informasi ini tidak terlalu mengejutkan mengingat Apple pertama kali memperkenalkan iPhone 15 series pada 13 September 2023 sebelum membuka penjualan perdana pada 22 September 2022.

Selain Korea Selatan, Apple mungkin juga akan menjadikan China sebagai salah satu negara prioritasnya. Terutama karena Huawei sedang bangkit di China setelah peluncuran Mate 60 Pro series dan Pura 70 series.

Berita Terkait