Internasional

Hujan Deras Melanda Korea Selatan dengan Angin Kencang, Listrik Padam dan Tanah Longsor

Hujan Deras Melanda Korea Selatan dengan Angin Kencang, Listrik Padam dan Tanah Longsor
Hujan Deras Melanda Korea Selatan dengan Angin Kencang, Listrik Padam dan Tanah Longsor (Image From: Illustration/Pexels/Pixabay)

PASUNDAN EKSPRES - Hujan deras melanda Korea Selatan. Angin kencang dan hujan lebat melanda negara Korea Selatan, menyebabkan banyak rumah dan jalan-jalan tergenang air. Kondisi cuaca yang buruk tersebut mengganggu aktivitas penerbangan dan perjalanan kapal penumpang.

Selain itu, menurut pernyataan pihak berwenang seperti pemadam kebakaran dan pemerintah provinsi, tanah longsor dan pemadaman listrik juga terjadi di beberapa daerah.

Hujan Deras Melanda Korea Selatan 

Akibat hujan lebat yang dimulai pada hari Sabtu (29/6), terdapat 18 penerbangan domestik yang dibatalkan dan 13 penerbangan domestik serta internasional yang ditunda di Bandara Internasional Jeju, yang terletak di pulau resor selatan Jeju. Penundaan dan pembatalan penerbangan ini terjadi pada pukul 10 pagi.

Selain pemadaman listrik dan penerbangan, cuaca buruk juga berdampak pada kapal penumpang yang menghubungkan Incheon, sebelah barat Seoul, dengan pulau-pulau di sekitarnya. Kapal-kapal penumpang yang beroperasi di Provinsi Jeolla Selatan juga terkena dampak buruk dari kondisi cuaca ini.

Selain itu, akses masuk ke lima taman nasional yang berada di Provinsi Jeolla Selatan juga dilarang akibat kondisi cuaca yang sangat buruk.

Akibat cuaca buruk yang melanda, dilaporkan terjadi pemadaman listrik di kota Changwon dan Busan, yang terletak di bagian tenggara negara tersebut, pada hari Minggu pagi. Pemadaman listrik ini berdampak pada lebih dari 1.800 rumah tangga di kedua kota tersebut.

BACA JUGA: Update Pilpres Iran 2024: Dua Capres Mundur Menjelang Pemilihan

BACA JUGA: Ini Dia 5 Fakta Debat Pilpres AS, Biden dan Trump yang sudah Dimulai Hari Ini

Selain dampak pada perjalanan dan listrik, cuaca buruk juga menyebabkan pembatasan akses ke 20 taman nasional di seluruh negeri.

Selain itu, 689 lokasi lain, termasuk tempat parkir di sepanjang sungai dan jalan, serta jalan bawah tanah di pemerintah daerah, juga tidak dapat diakses oleh publik pada Minggu sore.

Akibat cuaca buruk, telah terjadi tanah longsor di sebuah lokasi konstruksi di Chuncheon, Provinsi Gangwon.

Tanah longsor tersebut menimpa dua rumah yang berada di dekat lokasi konstruksi tersebut. Sebagai akibatnya, empat penghuni rumah terpaksa harus mengungsi.

Menurut perkiraan Badan Meteorologi Korea Selatan, suhu siang hari di sebagian besar wilayah negara ini akan meningkat hingga di atas 30 derajat Celsius pada hari Senin, sebelum musim hujan dimulai pada hari Selasa berikutnya.

(ipa)

Berita Terkait