Internasional

Ini Dia 5 Fakta Debat Pilpres AS, Biden dan Trump yang sudah Dimulai Hari Ini

Ini Dia 5 Fakta Debat Pilpres AS, Biden dan Trump yang sudah Dimulai Hari Ini
Ini Dia 5 Fakta Debat Pilpres AS, Biden dan Trump yang sudah Dimulai Hari Ini (Image From: BBC)

PASUNDAN EKSPRES - Fakta debat Pilpres AS, Biden dan Trump. Debat Pilpres untuk Amerika Serikat telah dimulai. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan mantan Presiden, Donald Trump tampak memasuki ruang debat pemilihan presiden AS 2024 di studio CNN, Atlanta, AS.

Debat dimulai pukul 21.00 waktu setempat, sementara waktu Indonesia adalah pukul 09.00.

Fakta Debat Pilpres AS, Biden dan Trump

Berikut adalah beberapa fakta debat Pilpres AS, Biden dan Trump. 

Kedua Kandidat Segan Berjabat Tangan 

Debat antara dua calon presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Donald Trump, telah dimulai. Ketegangan terlihat saat keduanya tiba di panggung debat, di mana mereka tidak saling berjabat tangan.

Trump dan Biden langsung menuju ke podium masing-masing tanpa melakukan jabat tangan. Moderator mengajukan pertanyaan pembuka kepada Biden.

Menanggapi pertanyaan tersebut, calon presiden petahana ini langsung menyerang Trump, menyoal buruknya penanganan pandemi COVID-19 yang berdampak pada merosotnya ekonomi Amerika Serikat.

Tidak Adanya Penonton dalam Debat 

Trump dan Biden telah sepakat atas sejumlah aturan dalam debat capres Amerika Serikat ini.

Salah satu aturan yang disepakati adalah tidak adanya penonton di dalam studio debat, serta mikrofon akan dimatikan saat waktu bicara seorang kandidat telah habis.

Topik Debat 

Trump dan Biden adalah dua kandidat utama dengan tingkat elektabilitas tertinggi yang akan bersaing dalam pemilihan presiden AS 2024. Hal inilah yang menjadi alasan keduanya tampil dalam debat perdana yang diselenggarakan oleh CNN.

BACA JUGA: Aturan Baru Tajikistan: Resmi Melarang Penggunaan Hijab

BACA JUGA: Korea Utara Kembali Meluncurkan Balon Udara Berisikan Sampah ke Korea Selatan

Debat capres AS 2024 ini dipandu oleh Jake Tapper dan Dana Bash sebagai moderator. Dalam debat tersebut, Biden dan Trump saling beradu gagasan dan memperdebatkan berbagai isu, mulai dari ekonomi hingga imigrasi.

Trump: Jika menjadi Presiden, Perang Rusia Tidak akan Terjadi 

Sesuai dengan dugaan banyak pihak, isu konflik Rusia-Ukraina diperkirakan akan menjadi salah satu topik yang dibahas dalam debat perdana antara Presiden AS Joe Biden dan calon presiden Donald Trump.

Ketika pertanyaan terkait hal ini dilontarkan kepada kedua kandidat, Trump menegaskan bahwa perang di Ukraina tidak akan terjadi jika dirinya terpilih menjadi presiden.

Debat Kedua 

Debat kedua antara Biden dan Trump akan diselenggarakan pada tanggal 10 September 2024 oleh stasiun televisi ABC News.

Sementara untuk debat calon wakil presiden, jadwal pastinya belum diumumkan, namun disebutkan kemungkinan akan digelar pada 23 Juli 2024 atau 13 Agustus 2024.

Untuk calon wakil presiden Biden, Kamala Harris masih menjadi satu-satunya kandidat, sementara Trump belum mengumumkan siapa yang akan menjadi calon wakilnya.

Itulah beberapa fakta debat Pilpres AS, Biden dan Trump. 

(ipa)

Berita Terkait