Internasional

Siap-siap! Ini Jadwal Paus ke Indonesia untuk Kunjungan Kenegaraan

Siap-siap! Ini Jadwal Paus ke Indonesia untuk Kunjungan Kenegaraan
Siap-siap! Ini Jadwal Paus ke Indonesia untuk Kunjungan Kenegaraan (Image From: MINA News Agency)

PASUNDAN EKSPRES - Paus ke Indonesia akan terjadi pada bulan September 2024. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menegaskan bahwa Paus Fransiskus akan mengadakan Kunjungan Kenegaraan ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024.

Menurut keterangan resmi, Indonesia akan menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik. Setelah kunjungan ke Indonesia, Paus Fransiskus juga akan mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Paus ke Indonesia pada Bulan September  

"Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Undangan Presiden RI kepada Paus Fransiskus telah disampaikan melalui Duta Besar Takhta Suci Vatikan di Jakarta pada tanggal 25 Maret 2024," tulis keterangan tersebut dikutip CNBC Indonesia, Selasa, (16/4/2024). 

Pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan pihak Vatikan dan berbagai pihak terkait dalam melakukan persiapan untuk kunjungan Paus Fransiskus yang akan datang.

Menurut Kementerian Luar Negeri, kunjungan Paus Fransiskus memiliki makna yang penting bagi Indonesia, tidak hanya bagi umat Katolik tetapi juga bagi seluruh umat beragama. Diharapkan kunjungan ini akan memperkuat pesan tentang toleransi, persatuan, dan perdamaian dunia.

BACA JUGA: Mengenal Masjid Ar-Rahman: Satu-Satunya Tempat Ibadah Muslim di Korea Utara

BACA JUGA: Kereta Gantung di Turki Terjatuh Sebabkan 1 Penumpang Tewas, Ratusan Penumpang Terjebak di Ketinggian

Sementara itu, Paus Fransiskus sebenarnya telah merencanakan kunjungan ke Indonesia sejak tahun 2020. Namun, rencana tersebut belum dapat dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19.

Paus Fransiskus akan menjadi paus ketiga yang melakukan kunjungan ke Indonesia. Sebelumnya, kunjungan serupa dilakukan oleh Paus Paulus VI pada tanggal 3 Desember 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 8-12 Oktober 1989.

Pada tanggal 3 hingga 6 September 2024, Paus Fransiskus dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Ignasius Jonan, mantan Menteri Perhubungan, telah ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana dalam rangka kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Selain itu, ada beberapa panitia pengarah dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia seperti Uskup Agung Keuskupan Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo, Dubes Vatikan untuk Indonesia Mgr Pierro Pioppo, dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Mgr Antonious Subianto Bunjamin. 

(ipa)

 

Berita Terkait