Internasional

Sejumlah Negara Eropa Melarang Ponsel di Sekolah, Kenapa?

Sejumlah Negara Eropa Melarang Ponsel di Sekolah, Kenapa?
ilustrasi guru dan siswa di sekolah (dok.pexels.com/Arthur Krijgsman)

PASUNDAN EKSPRES - Sejumlah negara Eropa diketahui ada yang sudah dan baru akan menerapkan larangan ponsel di sekolah selama jam pelajaran berlangsung. Sebut saja Yunani yang mengumumkan larangan baru melarang ponsel di sekolah mulai September tahun ini. 

"Siswa dapat membawa ponsel mereka ke sekolah, tetapi mereka harus menyimpannya di tas sekolah mereka selama hari sekolah," kata Mitsotakis pada Euro News, dikutip Minggu (1/9/2024).

BACA JUGA:Peneliti AS Temukan Kemungkinan Lokasi Peluncuran Rudal Bertenaga Nuklir Rusia

Susul negara Eropa lain, Prancis melalui Menteri Pendidikan Prancis Nicole Belloubet juga mengumumkan akan segera menerapkan aturan larangan penggunaan ponsel di lingkungan sekolah, terutama bagi siswa yang berusia di bawah 15 tahun. 

Sama seperti Yunani, pengujian larangan tersebut akan diberlakukan oleh Prancis di 200 sekolah dan diselenggarakan usai tahun ajaran baru yang dimulai pada September 2024.

BACA JUGA:Krisis Pornografi Deepfake yang Melanda Sekolah-sekolah di Korea Selatan, Perempuan jadi Korban!

Sementara itu, pemberlakuan larangan penggunaan gawai di seluruh sekolah Prancis baru mulai diterapkan pada Januari 2025 mendatang. Meski begitu, menurut Nicole Belloubet, bukan berarti menolak manfaat sarana digital namun sebagai bentuk upaya menanggulangi anak-anak dari paparan layar gawai secara berlebihan

“Akan tetapi, dan saya tegaskan, itu tidak berarti saya menolak pemanfaatan pedagogis (sarana) digital,” ungkap Nicole Belloubet, dikutip dari Antara News pada Senin (2/9/2024). 

BACA JUGA:Protes Besar-besaran Melanda Israel, 500.000 Orang Unjuk Rasa

Lebih jauh dijelaskan bahwa larangan membawa ponsel di sekolah bertujuan untuk memberikan anak-anak 'jeda digital'. Aturan tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya rencana itu sudah dirancang sejak 2018. 

Lebih tepatnya, saat Presiden Prancis Emmanuel Macron membentuk komisi yang bertugas meneliti dampak paparan layar pada anak-anak terhadap perkembangan dan kesehatan. 

Dikutip dari detik.com, negara Eropa yang melarang ponsel di sekolah salah satunya adalah Italia,  yang pemerintah melarang memakai ponsel di sekolah bagi semua usia siswa. Negara Italia jadi yang pertama menerapkan aturan ini di Eropa sejak tahun 2007.

BACA JUGA:Hukuman Atlet Korea Utara terkait Momen 'Selfie' dengan Atlet Korsel buat Publik Marah

Selanjutnya, ada negara Jerman yang juga memberlakukan aturan larangan ponsel di sekolah. Dikethauim tak ada batasan forman soal larangan handphone di Jerman, tapi hampir seluruh sekolah telah menerapkannya.

Sementara di Inggris, larangan penggunaan ponsel telah dikeluarkan tetapi penerapan kebijakan diserahkan kepada kepala sekolah dan kondisi sekolah. Adapun negara Eropa lainnya yang menerapkan kebijakan larangan ponsel di sekolah yaitu Belanda, Spanyol, dan Portugal.

(nym)  

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua