Internasional

Donald Trump Nyaris Clean Sweep 'Super Tuesday', Siap Bertemu Biden di Pilpres AS 2024

Trump Menangi Super Tuesday. (Sumber Foto: (AP Photo/Rebecca Blackwell/Military.com)
Trump Menangi Super Tuesday. (Sumber Foto: (AP Photo/Rebecca Blackwell/Military.com)

PASUNDAN EKSPRES - Donald Trump merayakan keberhasilan yang luar biasa dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik pada Selasa, 5 Maret 2024 waktu setempat, yang dikenal sebagai Super Tuesday.

Trump Menangi Super Tuesday

Trump menggambarkan hasil pemilihan pendahuluan tersebut sebagai "malam yang luar biasa" dalam pidatonya kepada para pendukungnya yang berkumpul di Florida.

"Mereka menyebutnya 'Super Tuesday' karena suatu alasan," terang Trump.

Menurut laporan AFP, kemenangan Trump dalam pemilihan pendahuluan tersebut membawanya semakin dekat untuk menjadi calon presiden resmi Partai Republik dalam pemilihan umum yang dijadwalkan pada November mendatang.

Dalam pidatonya, Trump menyatakan kepercayaannya akan kemenangannya, menyebutnya sebagai kemenangan besar yang meyakinkan.

 

BACA JUGA:Putusnya Kabel Optik Laut Merah Menyebabkan Gangguan Internet Lelet

 

Pemilihan Pendahuluan Partai

Dilansir dari Reuters, Trump berhasil memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di sejumlah negara bagian termasuk Alabama, Arkansas, Colorado, Maine, North Carolina, Oklahoma, Tennessee, Texas, dan Virginia.

Kemenangan ini mengeliminasi rival utamanya, Nikki Haley, mantan Duta Besar AS untuk PBB, yang tidak lagi bisa melanjutkan pencalonannya.

Dengan lebih dari sepertiga jumlah perwakilan Partai Republik diperebutkan dalam pemilihan pendahuluan di 15 negara bagian selama Super Tuesday, kemenangan Trump membuatnya memimpin jauh dalam perlombaan menjadi calon presiden resmi partai tersebut pada pemilihan umum AS mendatang.

 

BACA JUGA:15 Negara Bagian AS Memberikan Suara dalam Pemilihan Calon Presiden

 

Namun, Trump masih harus menunggu 1-2 minggu lagi untuk secara matematis menyingkirkan Haley.

 

Para penasihat Trump memperkirakan bahwa Trump akan secara resmi memperoleh mayoritas perwakilan Partai Republik paling lambat pada 19 Maret, ketika dua pertiga negara bagian akan memberikan suara mereka. (pm)

Berita Terkait