Internasional

Kamala Harris Berhasil Kumpulkan Dana $500 juta untuk Kampanye Presiden di AS

Kamala Harris Berhasil Kumpulkan Dana $500 juta untuk Kampanye Presiden di AS
Kamala Harris Berhasil Kumpulkan Dana $500 juta untuk Kampanye Presiden di AS (Image From: The Hollywood Reporter)

PASUNDAN EKSPRES - Kamala Harris berhasil kumpulkan dana $500 juta atau setara 7,71 triliun rupiah. Sejak menjadi kandidat presiden dari Partai Demokrat, upaya pemilihan Wakil Presiden AS Kamala Harris telah berhasil mengumpulkan dana sekitar $500 juta, menurut sumber-sumber yang dikutip oleh Reuters.

Jumlah pengumpulan dana sebesar itu merupakan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini mencerminkan antusiasme yang besar dari para donor menjelang pemilihan umum yang akan digelar pada tanggal 5 November.

Kamala Harris Berhasil Kumpulkan Dana $500 juta

Menurut empat sumber yang mengetahui upaya penggalangan dana tersebut dan berbicara kepada Reuters, jumlah $500 juta yang telah dikumpulkan untuk Kamala Harris ini terkumpul dalam waktu empat minggu sejak ia maju dalam pemilihan presiden pada tanggal 21 Juli.

Dana kampanye yang besar sangat penting bagi para kandidat presiden untuk melakukan berbagai upaya yang membantu menarik perhatian dan dukungan pemilih. Dana ini digunakan untuk membuat iklan yang dapat menjangkau dan mempengaruhi pemilih.

BACA JUGA: Pengerahan Kapal Perang NATO di Asia, Tanda Ketegangan Baru dengan Tiongkok?

BACA JUGA: Auto Panik! Drone Milik Hizbullah Masuk ke Rumah Benjamin Netanyahu

Selain itu, dana kampanye juga digunakan untuk berbagai kegiatan lapangan yang dapat membawa pemilih ke tempat pemungutan suara pada hari pemilihan. Dana ini juga dimanfaatkan untuk membujuk dan meyakinkan pemilih yang masih ragu-ragu untuk memilih salah satu kandidat presiden.

Kamala Harris memasuki persaingan calon presiden setelah Presiden Joe Biden mengundurkan diri dari bursa calon presiden Partai Demokrat. Mundurnya Biden dari pencalonan ini telah melepaskan banjir dana yang sebelumnya mengering dalam beberapa minggu pasca debat yang buruk antara Biden dan calon presiden Partai Republik, Donald Trump.

Kamala Harris berhasil mengumpulkan $200 juta dalam minggu pertama peluncuran kampanye presidennya. Dengan kecepatan dan jumlah dana yang berhasil dikumpulkan dalam waktu singkat ini, Harris dengan cepat mampu memperoleh dukungan yang diperlukan untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

Tim kampanye Kamala Harris berhasil mengumpulkan $310 juta atau sekitar 4,78 triliun rupiah pada bulan Juli. Dengan jumlah dana ini, total uang yang dikumpulkan oleh Harris dan Joe Biden sebelum Biden mundur mencapai lebih dari $1 miliar atau 15 triliun rupiah.

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua