Internasional

Blinken Meminta Israel Berbuat Lebih Banyak untuk Bantuan Kemanusiaan di Gaza

Blinken Meminta Israel Berbuat Lebih Banyak untuk Bantuan Kemanusiaan di Gaza
Blinken Meminta Israel Berbuat Lebih Banyak untuk Bantuan Kemanusiaan di Gaza (Image From: Washington Post)

PASUNDAN EKSPRES - Blinken meminta Israel berbuat lebih banyak untuk bantuan kemanusiaan di Gaza. Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu bahwa Israel belum melakukan cukup banyak untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Ia meminta Israel untuk berusaha memperbaiki situasi di sana. Blinken mengadakan sebuah pembicaraan tentang kondisi kemanusiaan di Gaza dengan Netanyahu dan pemimpin senior Israel lainnya, yang berjanji untuk menindaklanjuti permintaan dari AS.

Blinken Meminta Israel Berbuat Lebih Banyak untuk Bantuan Kemanusiaan

Dilansir dari Reuters, diplomat teratas AS tersebut sedang berada di Israel sebagai bagian dari kunjungannya ke Timur Tengah yang berlangsung selama seminggu.

Dalam pernyataan resmi Israel tentang pertemuan itu, tidak ada yang dibahas mengenai masalah kemanusiaan.

Bulan ini, Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengirim surat kepada para pemimpin Israel, meminta mereka untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut dalam satu bulan ke depan untuk memperbaiki kondisi kemanusiaan di Gaza. 

BACA JUGA: Peningkatan Serangan Rusia di Laut Hitam, Sebabkan Penundaan Bantuan ke Palestina

BACA JUGA: Blinken Datangi Israel, Ingin Hidupkan Kembali Rencana Gencatan Senjata di Gaza

Jika tidak, mereka mungkin akan menghadapi pembatasan pada bantuan militer dari AS. Ini adalah salah satu peringatan yang paling tegas sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai setahun yang lalu.

Dalam pernyataan Departemen Luar Negeri AS terkait pertemuan itu, Blinken menekankan pentingnya Israel untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan. Namun, pernyataan dari pihak Israel sama sekali tidak membahas isu kemanusiaan.

Menurut data dari PBB, jumlah bantuan yang masuk ke Gaza telah turun ke level terendah sepanjang tahun ini. PBB juga menyebutkan bahwa Israel telah menolak dan menghalangi banyak upaya untuk mengirimkan bantuan, terutama ke daerah utara Gaza, selama bulan ini.

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua