Kesehatan

10 Langkah Mudah Untuk Mulai Gaya Hidup Sehat

Tips memulai pola hidup sehat
Cara mudah memulai pola hidup sehat. (ilustrasi Freepik @odua)

PasundanEkspres - Pola hidup sehat adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup, menjaga energi tubuh, dan mencegah berkembangnya berbagai penyakit kronis. Dengan menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, dan mendapatkan tidur yang cukup, kesejahteraan hidup dalam jangka panjang dapat tercipta.

Bagaimana cara menerapkan gaya hidup sehat? Simak langkah-langkahnya melalui ulasan di bawah ini.

Tips Mudah Memulai Pola Hidup Sehat

Perlu diketahui bahwasanya menerapkan pola hidup sehat juga menjalani hidup dengan perasaan bahagia merupakan salah satu kunci utama untuk panjang umur. Manfaat dari pola hidup sehat sangat berpengaruh kepada kesehatan tubuh serta pikiran yang positif.

Sebenarnya, menerapkan pola hidup sehat dapat dimulai dari hal-hal kecil. Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk memulai pola hidup yang sehat.

1. Rutin Melakukan Olahraga

Langkah pertama untuk memulai pola hidup sehat adalah rajin berolahraga. Tak harus selalu melakukan olahraga berat seperti halnya jogging juga gym. Cobalah memulai dengan olahraga ringan ataupun yang paling disukai oleh kamu, misalnya berenang atau jalan kaki.

Kunci utamanya adalah untuk memastikan tubuh selalu bergerak aktif setiap hari, setidaknya selama 30 menit per-hari atau 150 menit per-minggu. Hal ini bertujuan untuk membakar kalori dalam tubuh dan membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh kamu.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Jika ingin mencapai hidup sehat, penting untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan. Cobalah kamu untuk memasak makanan sendiri di rumah untuk tujuan menjaga kebersihan serta kesehatan makanan yang dikonsumsi oleh kamu.

Apabila sebelumnya kamu memiliki pola makan yang tidak sehat ataupun masalah berat badan, cobalah mencatat makanan yang dikonsumsi oleh kamu setiap harinya. Upaya ini bisa membantu mengontrol keinginan untuk makan dalam porsi berlebih, sehingga kesehatan tubuh kamu bisa lebih terjaga.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Tak hanya mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan cairan tubuh pun tidak kalah pentingnya dalam menerapkan pola hidup sehat. Cukupi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi setidaknya dua liter air putih per hari.

Selain menggantikan cairan pada tubuh yang hilang dan meredakan rasa haus, mencukupi kebutuhan cairan bisa membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Bahkan, minum air putih yang cukup bisa membantu dalam menjaga berat badan yang ideal.

Sebaliknya, kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menimbulkan berbagai keluhan masalah kesehatan, seperti menurunnya volume dan tekanan darah sehingga mengakibatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh tidak terpenuhi.

4. Mengelola Stres

Kesehatan tubuh tak hanya dipengaruhi oleh makanan ataupun aktivitas sehari-hari, akan tetapi dipengaruhi juga oleh kesehatan mental. Orang dengan tingkat stres yang cukup tinggi cenderung lebih mudah mengalami gangguan kesehatan, seperti penyakit asam lambung (GERD).

Saat menghadapi tekanan atau stres, pertama-tama cobalah untuk tarik napas dalam-dalam lalu embuskan secara perlahan. Lakukan hal ini secara berulang sampai merasa lebih rileks. Kemudian, carilah aktivitas yang menyenangkan, seperti menonton film, membaca buku, ataupun hobi lainnya.

5. Tidur yang Cukup

Memastikan bahwa tubuh punya waktu istirahat yang cukup bisa membantu mewujudkan tubuh juga pikiran yang sehat. Usahakan untuk tidur setidaknya 7–9 jam per hari setiap malam dengan waktu tidur dan bangun tidur di jam yang sama.

Supaya tubuh dapat menjadi lebih rileks menjelang tidur, cobalah untuk mandi dengan air hangat, mendengarkan musik yang tenang, ataupun membaca buku sebelum tidur. Selain membuat tubuh jadi lebih rileks, tips ini juga dapat membantu tingkatkan kualitas tidur.

6. Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam

Mengurangi dalam mengonsumsi gula menjadi salah satu langkah pola hidup sehat yang bisa diterapkan. Asupan gula berlebihan bisa meningkatkan risiko diabetes dan berbagai penyakit kronis lainnya. Sementara terlalu banyak mengonsumsi garam secara rutin bisa sebabkan penyakit hipertensi.

7. Menjaga Kebersihan Rumah

Pola hidup sehat perlu dimulai dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan kuman penyebab penyakit berkembang lebih cepat.

Pastikan rumah punya akses cahaya yang cukup dan ventilasi udara yang memadai. Jaga selalu kelembapan udara di dalam ruangan serta sirkulasi udara di setiap ruangan, seperti kamar mandi, kamar tidur, dan dapur.

8. Hindari Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk yang dapat berdampak negatif pada kesehatan adalah merokok dan minum alkohol. Merokok dalam jangka panjang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru, stroke, dan penyakit jantung.

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa timbulkan berbagai gangguan kesehatan baik fisik ataupun mental, seperti hepatitis alkoholik, kanker hati, sirosis, ketergantungan alkohol, serta gangguan mental juga perilaku.

9. Rajin Cuci Tangan

Rajin mencuci tangan tak hanya menjadi salah satu pola hidup sehat yang harus dilakukan selama masa pandemi, namun kebiasaan ini juga perlu dilakukan setiap hari. Menjaga kebersihan tangan bisa membantu mencegah penyebaran penyakit infeksi akibat bakteri, virus, maupun kuman patogen lainnya.

10. Rutin Memeriksa Kondisi Kesehatan

Terakhir, usahakan untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan secara rutin. Penting bagi setiap orang untuk mengetahui kondisi kesehatannya sendiri. Dengan demikian, penyakit-penyakit tertentu bakal lebih mudah terdeteksi sejak dini dan bisa diberikan pengobatan sesegera mungkin.

Berita Terkait