Kesehatan

5 Obat Panas Dalam Alami untuk Dewasa, Dijamin Efektif

5 Obat Panas Dalam Alami untuk Dewasa, Dijamin Efektif
Obat Panas Dalam Alami untuk Dewasa (dok.pexels.com/Michelle Leman)

PASUNDAN EKSPRES - Obat panas dalam alami terkdang banyak dibutuhkan oleh orang dewasa. Panas dalam merupakan kondisi yang sering terjadi. 

Biasanya, panas dalam ditandai dengan berbagai gejala seperti bibir pecah-pecah, sariawan, sakit tenggorokan, dan sembelit. 

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kekurangan vitamin C, dehidrasi, hingga konsumsi makanan pedas dan gorengan.

Sebelum beralih ke obat-obatan, ada baiknya mencoba beberapa obat panas dalam alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Berikut adalah 5 di antaranya. 

1. Air Putih

Obat paling sederhana dan mudah didapat adalah air putih. Minum air putih yang cukup, sekitar 8 gelas per hari, membantu tubuh terhidrasi dan melancarkan pergerakan usus, sehingga meredakan sembelit dan membantu tubuh mengeluarkan racun penyebab panas dalam.

2. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Campurkan satu sendok makan madu ke dalam segelas air hangat dan minumlah beberapa kali sehari.

3. Air Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi penyebab panas dalam. Campurkan air perasan lemon dengan air hangat dan madu, minumlah di pagi hari saat perut kosong.       

BACA JUGA:Rekomendasi Obat Gatal Gatal Alami yang Ampuh Mengobati Permanen

BACA JUGA:10 Cara Obati Susah Buang Air Besar Alami, Dijamin Lancar di Pagi Hari

BACA JUGA:Simak dan Baca Agar Tau Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Ini Pencegahannya

4. Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi infeksi di mulut dan tenggorokan sehingga meringankan panas dalam. Caranya cukup mudah, campurkan air hangat dan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

5. Daun Pegagan

Daun pegagan memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu meredakan sariawan dan sakit tenggorokan. Rebus beberapa lembar daun pegagan dengan air, minum airnya setelah dingin.

Penting untuk diingat bahwa jika gejala panas dalam tidak membaik setelah beberapa hari atau disertai dengan demam tinggi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

(nym) 

Berita Terkait