Kesehatan

Skincare untuk Kulit Berminyak dan Kandungannya

Skincare untuk Kulit Berminyak dan Kandungannya
(dok.pexels.com/Andrea Piacquadio)

PASUNDAN EKSPRES - Terdapat tiga jenis kulit yang dialami oleh seseorang yaitu kulit berminyak, kulit kering, dan kulit kombinasi.  Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Untungnya, kamu dapat mengurangi risiko jerawat dengan skincare untuk kulit berminyak. Namun, dalam memilih skincare yang tepat untuk kulit berminyak sebenarnya susah-susah gampang. 

Sebab, produk yang salah malah bisa memperburuk kondisi kulit dan meningkatkan produksi minyak. Wajib perhatikan kandungan di dalamnya, berikut rekomendasi skincare untuk kulit berminyak.

BACA JUGA:Gejala Asam Lambung Naik di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

1. Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk lain dari vitamin B3, dikenal sebagai bahan multifungsi yang efektif untuk kulit berminyak. Kandungan ini membantu mengontrol produksi sebum, mengecilkan pori-pori, dan meredakan peradangan.

2. Salicylic Acid

Mengutip dari WebMD, salicylic acid merupakan tipe BHA (beta hydroxy acid) yang bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Kandungan ini sangat efektif untuk mengatasi komedo, jerawat, dan kulit berminyak.

BACA JUGA:Penglihatan Mata Kiri dan Kanan Beda? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

3. Retinol

Retinol, bentuk lain dari vitamin A, memiliki berbagai manfaat bagi kulit, termasuk mengurangi produksi minyak, mempercepat regenerasi sel kulit, dan memudarkan bekas jerawat.

4. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid, meskipun namanya mengandung kata 'acid', sebenarnya bukan asam. Kandungan ini merupakan humektan yang menarik dan mengunci kelembapan pada kulit.

BACA JUGA:Cara Mudah untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan 2024

5. Clay

Kandungan skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah clay, seperti kaolin atau bentonite. Ini memiliki sifat menyerap minyak dan kotoran. Kandungan clay sangat efektif untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi tampilan kulit berminyak.

6. Charcoal

Charcoal atau arang aktif memiliki kemampuan untuk menyerap racun dan kotoran dari kulit. Kandungan ini efektif untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi tampilan komedo. Produk dengan charcoal cocok untuk kulit berminyak yang rentan berjerawat.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua