5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-Nunda untuk Hidup Lebih Produktif dan Tenang

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-Nunda untuk Hidup Lebih Produktif dan Tenang (Image From: Pexels/Photo By: Kaboompics.com)
PASUNDAN EKSPRES - Cara mengatasi kebiasaan menunda-nunda ini bisa kamu temukan di sini. Kita semua pasti pernah menunda pekerjaan, tugas, atau kewajiban yang seharusnya bisa diselesaikan lebih awal.
Meski terkesan sepele, kebiasaan menunda bisa berujung pada rasa stres, kecemasan, bahkan menurunnya produktivitas.
Dan faktanya, kebiasaan ini sangat umum terjadi. Mulai dari hal kecil seperti mencuci piring hingga tugas besar yang butuh banyak energi dan fokus, semua bisa jadi korban "nanti saja, ah".
Banyak alasan yang membuat seseorang menunda pekerjaan. Ada yang takut gagal, ada yang merasa tugasnya terlalu berat, dan tak sedikit pula yang terdistraksi oleh hal-hal di sekitar.
BACA JUGA: Harga Jual Uang Koin Rp1000 Gambar Kelapa Sawit sampai Ratusan Juta, Cek Faktanya di Sini!
Tapi tenang, kabar baiknya, kebiasaan ini bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana. Penasaran apa saja cara mengatasi kebiasaan menunda-nunda? Simak, yuk caranya di bawah ini agar kamu nggak terus-terusan terjebak dalam lingkaran penundaan.
Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-Nunda
Berikut adalah beberapa cara mengatasi kebiasaan menunda-nunda yang wajib kamu coba.
Kurangi Jumlah Keputusan yang Harus Kamu Buat
BACA JUGA: Mengenal Jenis Batu Akik Mahal yang sangat Populer di Kalangan Kolektor
Tahu nggak kamu, menurut Boise University, membuat keputusan ternyata dapat menguras energi, lho.
Misalnya, kamu bangun pagi dan langsung bingung, “Hari ini mau ngapain, ya?” Nah, rasa bingung ini bisa membuat kamu jadi menunda untuk memulai hari. Solusinya? Buat rencana harian sejak malam sebelumnya.
Tentukan tiga tugas penting yang ingin kamu selesaikan esok hari. Pagi harinya, kamu hanya tinggal mengikuti daftar tersebut tanpa banyak berpikir.
Dengan begitu, kamu bisa menghemat energi untuk langsung bertindak, bukan berpikir panjang.
Jauhkan Gangguan Sebisa Mungkin
Pernah bertekad menyelesaikan tugas, tapi malah sibuk scrolling TikTok? Atau mungkin baru mulai kerja, eh, tiba-tiba ada teman yang ngajak ngobrol? Ini dia biang kerok dari banyak penundaan si gangguan.
Untuk bisa fokus, kamu perlu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Coba beberapa hal ini:
- Matikan notifikasi media sosial atau aktifkan mode “Do Not Disturb”.
- Gunakan earphone dan dengarkan musik instrumental atau white noise jika kamu berada di tempat yang ramai.
- Atur waktu kerja dengan teknik Pomodoro: kerja fokus selama 25 menit, lalu istirahat 5 menit.