Lifestyle

Bahaya Self-Bullying yang Harus Diketahui sebelum Berujung Menyesal

Bahaya Self-Bullying yang Harus Diketahui sebelum Berujung Menyesal
Bahaya Self-Bullying yang Harus Diketahui sebelum Berujung Menyesal (Image From:Pexels/Daniel Reche)

PASUNDAN EKSPRES - Bahaya self-bullying yang masih sering diabaikan. Adakah di sini yang selalu merasa dirinya tidak berguna? Bahkan sampai memaki diri sendiri dengan pikiran dan hati yang negatif.

Sepertinya hampir manusia di seluruh alam semesta ini, pernah mengalami yang namanya self-bullying. Self-bullying merupakan fenomena di mana seseorang secara terus-menerus merendahkan, mengkritik, dan menyakiti diri sendiri melalui pikiran dan ucapan negatif.

Walaupun tak tampak secara fisik, self-bullying memiliki dampak yang serius pada kesehatan mental dan emosional seseorang. 

Self-bullying adalah bentuk kekerasan terhadap diri sendiri yang sering kali tidak disadari oleh pelakunya. Ini bisa berupa pikiran merendahkan seperti, "Aku tidak cukup baik," "Aku selalu gagal," atau "Aku tidak layak dicintai."

Biasanya, self-bullying berasal dari harapan yang terlalu tinggi terhadap diri sendiri, perasaan rendah diri, atau pengalaman negatif di masa lalu.

Bahaya Self-Bullying yang Harus Diketahui

Berikut adalah bahaya self-bullying yang harus kamu tahu. 

Merusak Rasa Percaya Diri

Self-bullying secara perlahan mengikis rasa percaya diri. Ketika kamu terus-menerus merasa diri kamu tidak cukup baik, hal tersebut bisa membuat kamu kehilangan kepercayaan pada kemampuan sendiri.

Akibatnya, kamu akan merasa tidak pantas meraih kesuksesan atau kebahagiaan dalam hidup.

Kesehatan Mental Terganggu

Kamu harus tahu dengan berusaha mempertahankan pikiran negatif yang terus berulang dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres.

Self-bullying itu akan menciptakan lingkaran setan, di mana perasaan tidak berharga terus muncul dan memperburuk kondisi mental kamu.

Menjauhkan Diri dari Lingkungan Sosial 

Self-bullying bisa membuat kamu tanpa sadar jadi menarik diri dari kehidupan sosial.

Kamu merasa tidak layak untuk dicintai atau diterima, sehingga memilih menjauh dari teman, keluarga, dan lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Resep Udang Balado Rumahan yang Pedasnya Nampol di Lidah

BACA JUGA: Usia 20-an Ngerasa Belum Ngapa-ngapain? Yuk, Atasi Rasa Cemas Ini!

Hal tersebut tentunya hanya memperburuk perasaan kesepian dan rendah diri.

Membangkitkan Perilaku yang Merugi

Dalam beberapa kasus, self-bullying dapat memicu perilaku merusak, seperti menyakiti diri sendiri atau munculnya pikiran untuk bunuh diri.

Kamu yang terus-menerus merasa tidak berharga mungkin kehilangan motivasi untuk menjaga diri, baik fisik maupun emosional. 

Nah, itulah mengenai beberapa bahaya self-bullying yang jarang kamu sadari. Semoga membantu. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua