Lifestyle

5 Tips Membuat Cerita Fantasi yang Disukai Pembaca, Novel Kamu Auto Melejit di Pasaran

5 Tips Membuat Cerita Fantasi yang Disukai Pembaca, Novel Kamu Auto Melejit di Pasaran
5 Tips Membuat Cerita Fantasi yang Disukai Pembaca, Novel Kamu Auto Melejit di Pasaran (Image From: Pexels/Caio)

PASUNDAN EKSPRES - Tips membuat cerita fantasi yang disukai pembaca. Cerita fantasi merupakan salah satu genre cerita yang mempunyai penggemarnya sendiri.

Cerita fantasi ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai bahan bacaan kamu, terutama kamu yang senang membaca atau bahkan menulis. Nah, mungkin salah satu karya fantasi yang pasti kamu ketahui adalah Harry Potter karya J.K Rowling yang bahkan sudah diangkat menjadi film. 

Banyak penulis yang mengatakan bahwa cerita fantasi adalah salah satu cerita yang cukup sulit diciptakan. Tapi, banyak juga yang tertantang ingin membuat cerita bergenre fantasi ini.

Nah, buat kamu sang penulis yang ingin menciptakan cerita fantasi, kamu harus tahu beberapa tips membuat cerita fantasi yang disukai pembaca. Simak tipsnya di bawah ini. 

Tips Membuat Cerita Fantasi yang Disukai Pembaca 

Berikut beberapa tips membuat cerita fantasi yang disukai pembaca yang bisa kamu coba terapkan. Tips ini dilansir dari laman Instagram @teorikatapublishing, Senin, (6/5/2024). 

Pastikan Siapa Pembaca yang Menjadi Target Ceritamu

Tips membuat cerita fantasi yang disukai pembaca yang pertama adalah tentukan siapa target pembaca kamu. Cerita fantasi memiliki batasan dan karakteristik yang harus disesuaikan dengan usia pembaca.

Sebagai contoh, cerita fantasi untuk anak-anak membutuhkan penjabaran alam imajiner yang lebih sederhana, lebih mudah dipahami, dan ceritanya tidak terlalu panjang.

Sementara itu, cerita fantasi untuk remaja dan dewasa membutuhkan tingkat imajinasi yang lebih kompleks dan luas. Hal ini akan menjadi faktor penentu apakah cerita fantasi yang kamu tulis akan menarik bagi pembaca sesuai dengan usia target mereka.

Masuk ke Dunia Lain 

Tips selanjutnya adalah dengan masuk ke dunia lain. Ett, tapi ini bukan mengharuskan kamu masuk ke dalam universe lain, lho. Dalam cerita fantasi, alam yang diciptakan adalah sebuah dunia yang luas, kompleks, dan membutuhkan pemahaman yang mendalam.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang, ada yang sampai Jutaan, lho

BACA JUGA: 4 Bahasa Tubuh yang Harus Kamu Perhatikan ketika melakukan Percakapan

Untuk menciptakan cerita fantasi yang lebih mendalam, penting bagi penulis untuk dapat menyusun sebuah dunia baru yang mencakup geografi, adat-istiadat, sejarah, dan segala aspek lain yang membangun kerangka cerita fantasi tersebut.

Dunia yang tercipta ini akan menjadi landasan bagi novel fantasi yang akan kamu tulis, menciptakan sebuah realitas baru yang dapat dijelajahi oleh pembaca.

Sentuhan Magis 

Tips membuat cerita fantasi yang disukai pembaca adalah memberi sentuhan magis pada cerita kamu.

Banyak cerita fantasi yang mengandung unsur magis, karena hal tersebut dapat menciptakan kesan yang unik dan menarik perhatian pembaca agar terikat dengan cerita yang dibuat.

Sebagai contoh, dalam cerita yang kamu buat, dapatlah diceritakan tentang seorang perempuan yang memiliki kemampuan untuk menghentikan waktu.

Memadukan dengan Genre Petualangan 

Tips berikutnya yang bisa kamu coba adalah memadukan cerita fantasi kamu dengan genre petuangan. Misalnya seperti dalam novel Harry Potter dan Lord of The Rings yang juga menyajikan cerita petualangan dan magic. 

Cerita Fantasi Tidak Selalu Bersetting di Masa Lalu 

Tips membuat cerita fantasi yang disukai pembaca adalah kamu harus tahu bahwa cerita fantasi tidak selamanya harus bersetting di masa lalu.

Dalam menciptakan novel fantasi, kamu dapat menggunakan latar waktu yang berbeda, baik itu di masa kini maupun masa depan, untuk menciptakan cerita yang menarik.

Sebagai contoh, kamu dapat menjelajahi kehidupan di masa depan dan menggambarkan apakah dunia dalam 3000 tahun akan menjadi surga atau neraka.

Nah, itulah mengenai tips membuat cerita fantasi yang disukai pembaca. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

Berita Terkait