Lifestyle

5 Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang, ada yang sampai Jutaan, lho

5 Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang, ada yang sampai Jutaan, lho
5 Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang, ada yang sampai Jutaan, lho (Image From: Pexels/Vlada Karpovich)

PASUNDAN EKSPRES - Aplikasi menulis yang menghasilkan uang ini akan sangat kamu butuhkan. Menulis merupakan suatu kegiatan yang menciptakan sebuah catatan atau informasi pada sebuah media dengan menggunakan aksara.

Menulis memang biasanya dilakukan pada media kertas, dengan alat-alat seperti pena atau pensil. Tapi, kini dengan perkembangan teknologi yang semakin mumpuni, menulis bisa dilakukan di mana saja dengan media apa saja.

Mengenai kegiatan menulis ini, banyak orang yang mulai tertarik menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi yang menghasilkan pendapatan. Misalnya saja seperti penulis novel, artikel, cerpen, puisi dan sebagainya.

Selain menghasilkan pendapatan, menulis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental, dan melatih daya ingat. Menulis bisa dijadikan sebagai media alternatif untuk relaksasi ketika diri sedang merasa lelah, misalnya saja membuat jurnal atau diary. 

Nah, buat kamu yang punya hobi menulis, kamu bisa jadikan hobi kamu untuk mendapatkan cuan melimpah.

Di sini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi menulis yang menghasilkan uang yang bisa membantu kamu dalam mengumpulkan pundi-pundi cuan. Kira-kira aplikasi apa saja, ya? Simak daftarnya di bawah ini. 

Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang 

Berikut adalah beberapa aplikasi menulis yang menghasilkan uang yang bisa kamu coba. 

Wattpad 

Aplikasi menulis yang menghasilkan uang yang pertama adalah Wattpad. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi menulis yang sangat populer dengan jutaan pembaca di seluruh dunia dengan beragam genre novel yang tersedia.

Genre tersebut di antarnya, seperti romance, misteri, horor, fantasi, sampai sains fiksi. Kalau kamu punya hobi menulis, Wattpad bisa menjadi salah satu media yang bisa kamu coba. Sebagai penulis, kita bisa memperoleh pendapatan dengan fitur Paid Stories, di mana dengan fitur tersebut, pembaca akan membeli cerita kamu menggunakan koin.

Selain itu, di aplikasi Wattpad ini terdapat Wattpada Studios yang bisa memberikan kesempatan bagi penulis untuk menerbitkan buku atau bahkan untuk dijadikan adaptasi sebagai film atau serial. 

Medium 

Aplikasi selanjutnya adalah Medium. Medium merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh perusahaan asal Amerika dan saat ini telah memiliki jutaan penulis. Medium didirikan oleh Evan Williams pada 2012.

Medium akan memberikan pendapatkan kepada para penggunanya. Namun, kamu harus bergabung dengan Medium Partner Program.

Buat kamu yang ahli menulis, Medium bisa menghasilkan cuan bagi penulis novel di Medium sebesar 100 dolar sampai 300 dolar atau setara Rp 1,5 juta hingga Rp 4,5 juta per bulan. 

Vocal Media 

Aplikasi menulis yang menghasilkan uang yang berikutnya adalah aplikasi Vocal Media. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang diidirikan oleh Jeremy Frommer pada 2016. Kamu bisa menerbitkan artikel dan blog di aplikasi ini.

BACA JUGA: 4 Bahasa Tubuh yang Harus Kamu Perhatikan ketika melakukan Percakapan

BACA JUGA: 4 Kalimat Terlarang yang Sebaiknya Dihindari Orang Tua Kepada Anak

Tapi, sebelum itu, tulisan kamu akan ditinjau terlebih dahulu untuk mengetahui apakah tulisan kamu sudah memenuhi standar minimal atau tidak. Kamu bisa mendapatkan penghasilan sekitar 3.80 dolar atau setara Rp 57 ribu per 1.000 pembaca. 

Dreame 

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi Dreame. Aplikasi novel ini gak kalah populer dari aplikasi menulis lainnya, lho. Buat kamu yang hobi membaca novel, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membaca novel dengan beragam genre yang tersedia gratis ataupun berbayar.

Kamu juga bisa mendapatkan hadiah hingga puluhan juta saat mengikuti kontes membaca. Sementara buat kamu yang punya hobi membaca, kamu bisa menuliskan cerita kamu dan Dreame akan membayar kamu. Sebagai penulis, kamu akan memperoleh royalti, bahkan sampai mendapat editor khusus. 

Storial 

Aplikasi menulis yang menghasilkan uang yang bisa kamu coba adalah Stroial. Aplikasi ini adalah aplikasi menulis novel secara online buatan anak bangsa yang bisa membantu para penulis untuk menggugah ceritanya dan mendapatkan penghasilan.

Storial melakukan kerja sama dengan nulisbuku.com untuk menerbitkan karya-karya penulis di platfrom ini. Dengan aplikasi ini, penulis bisa mendapatkan royalti jika bisa mencapai minimal 500 pembaca. 

Nah, itulah mengenai aplikasi menulis yang menghasilkan uang yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

Berita Terkait