Lifestyle

5 Tips Merawat Kulit Setelah Berolahraga, Wajah Auto Glowing Seketika

5 Tips Merawat Kulit Setelah Berolahraga,  Wajah Auto Glowing Seketika
5 Tips Merawat Kulit Setelah Berolahraga, Wajah Auto Glowing Seketika

PASUNDAN EKSPRES - Siapa sangka, ternyata olahraga ternyata berperan penting untuk kesehatan kulit lho. Selain mengurangi stress, olahraga juga membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga kulit lebih lembap dan glowing. 

Beberapa orang sudah membuktinya bahwa wajahnya semakin membaik semenjak rutin berolahraga. Walaupun olahraga baik untuk kulit, tetapi aktivitas yang mengeluarkan keringat tentunya memiliki potensi untuk menghasilkan jerawat juga. 

Nggak hanya itu, ada masalah lain seperti kulit menjadi iritasi karena bergesekan dengan baju ataupun alat olahraga. Makanya harus merawat kulit setelah berolahraga. Berikut adalah tips-tips merawat kulit setelah berolahraga, yuk simak sampai akhir!

1. Segera ganti baju setelah berolahraga

Biasanya baju olahraga cenderung menggunakan bahan yang ketat, sehingga baju ini dapatmembuat kulit tergesek dan menjebak minyak serta kulit mati selama olahraga. 

Jika kamu tidaklangsung mengganti baju, bisa saja timbul reaksi seperti jerawat, ruam, dan bisul. Agar hal itu

tidak terjadi, segera ganti baju setelah berolahraga atau berkeringat, lalu segera mandi sampai bersih ya.

BACA JUGA:Susah Tidur? Coba 6 Tips Tidur Malam yang Nyenyak ini, Pagi-pagi Dijamin Langsung Segar!

2. Segera membersihkan wajah

5 Tips Merawat Kulit Setelah Berolahraga,  Wajah Auto Glowing Seketika
5 Tips Merawat Kulit Setelah Berolahraga, Wajah Auto Glowing Seketika

Kalau belum bisa langsung mandi, setidaknya kamu sesegera mungkin membersihkan wajahdengan facial wash. Kalau kamu sebelum olahraga menggunakan sunscreen atau menggunakan make up, usahakan tetap lakukan double cleansing ya! 

Tujuannya untukmembersihkan debu dan kotoran, minyak berlebih, sisa sunscreen, dan sisa makeup yang menempel di wajah untuk mencegah timbulnya jerawat.

Jangan membersihkan wajah dengan facial scrub ya, karena kulit setelah berolahraga akanlebih sensitif dari biasanya. 

Hindari juga menggunakan eksfoliator yang keras. Untuk itu kamubisa menggunakan facial wash yang gentle di wajah seperti Glass Skin Cleansing Gel dari Tanskin. 

Karena produk ini diformulasikan dengan Centella Asiatica Extract, Dill Extract, dan Arugula Extract.

Bekerja secara lembut dan efektif membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan sisa makeup.

Serta mengandung bahan alami dalam produk ini juga memberikan nutrisi penting pada kulit dan membantu meredakan peradangan. Cocok banget dipakai setelah beraktivitas diluar ruangan.

BACA JUGA:5 Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat Menjelang Ramadan

3. Gunakan moisturizer ringan

5 Tips Merawat Kulit Setelah Berolahraga,  Wajah Auto Glowing Seketika
5 Tips Merawat Kulit Setelah Berolahraga, Wajah Auto Glowing Seketika

Jika kulit sudah terasa perih atau terlihat kemerahan, gunakan moisturizer yang ringan dantidak banyak mengandung bahan aktif. 

Akan lebih baik jika kamu memilih moisturizer dengan kandungan yang mampu menenangkan kulit seperti aloe vera, centella asiatica, allantoin, atauingredient lain yang sifatnya menenangkan. 

Bukan hanya itu, moisturizer ringan juga dapat membuat kulit terasa lebih nyaman setelah berolahraga.

BACA JUGA:Memahami Perbedaan yang Menarik Antara Hari Raya Galungan dan Hari Raya Kuningan

4. Hindari menggunakan makeup wipes untuk membersihkan wajah

Menggunakan makeup wipes tau tisu pembersih makeup memang sangat praktis untukdigunakan. Tapi ada baiknya jangan kamu gunakan sehabis olahraga ya! 

Selain karena tisupembersih makeup cenderung membuat wajah jadi terlalu kering, gesekan dari tisu tersebut juga berpotensi membuat kulit yang sedang sensitif jadi gampang iritasi atau kemerahan.

Sebaiknya tetap pilih pembersih wajah dengan kandungan yang gentle di kulitmu.

BACA JUGA:Kepala Gatal karna Ketombe? Ini Dia Tips Ampuh Hilangkan Ketombe Dikepala

5. Selalu gunakan sunscreen saat olahraga

Wajib sekali pakai sunscreen jika kamu berolahraga di luar ruangan atau terkena mataharisecara langsung ya! Karena sunscreen bisa jadi proteksi dari sinar matahari, dan juga pentinguntuk menjaga kesehatan kulit kamu. 

Plus, jangan lupa untuk selalu pakai ulang sunscreen. Apalagi kalau kamu melakukan water sports, jangan sampai setelahnya malah buat kulit jadi memerah dan terbakar matahari saat berolahraga.

Jangan menyentuh wajah secara langsung menggunakan tangan. Siapa disini yang masih suka iseng menyentuh wajah menggunakan tangan langsung?

Mending jangan dulu ya, karena saat olahraga kamu banyak menyentuh barang. Apalagi jika kamu habis menggunakan alat-alat bersama di gym. 

Bakteri dan debu yang menempel ditangan dapat memicu jerawat dan menyebabkan breakout setelah berolahraga. 

Selalu gunakan hand sanitizer atau mencuci tangan setelah menggunakan alat olahraga. Pastikan tangan kamu tetap bersih ya sebelum menyentuh wajah.

Kunci wajah terjaga setelah olahraga adalah bersih dan terhidrasi. Jadi pastikan kulit kamudalam kondisi bersih dan selalu terhidrasi dengan baik ya. 

Jangan lupa untuk selalumengkonsumsi air mineral yang cukup untuk menjaga hidrasi kulit dari dalam.

(adv) 

Berita Terkait