Lifestyle

Keutamaan Puasa Ayyaumul Bidh di Bulan Rajab 2024.

Umat islam kali ini akan melaksanakan puasa ayyaumul bidh mulai hari ini, Kamis, 25 Januari 2024. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Umat islam kali ini akan melaksanakan puasa ayyaumul bidh mulai hari ini, Kamis, 25 Januari 2024. 

Melaksanakan puasa ayyaumul bidh mempunyai keutamaan yang luar biasa, salah satunya adalah mndapatkan pahala yang berlipat ganda. 

Puasa ayyaumul bidh juga rupanya sering dilakukan oleh Rasululloh SAW, Disebutkan dalam riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Abu Hurairah r.a, berkata: 

"Kekasihku (Rasulullah SAW) memberiku tiga wasiat yang tidak akan saya tinggalkan hingga mati, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha, dan sholat witir."

Sebagai informasi, puasa ini akan dilaksanakan pada Kamis, Jumat, Sabtu dalam bulan ini

Berikut keutamaan puasa ayyaumul bidh yang kami telah rangkum dari laman resmi NUOnline. 

BACA JUGA:5 Tradisi Unik Natal Ala Kearifan Lokal, Meriah Penuh Makna

Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Melaksanakan puasa ayyaumul bidh tiga hari setiap bulannya akan dianggap sebagai puasa sepanjang tahun. 

Hal tersebut telah tercantum dalam hadist yang telah diriwayatkan oleh Abu Dzar r.a yang menyebutkan bahwa Rasululloh Bersabda: 

"Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun," (QS al-An'am: 160).

Satu hari sama dengan 10 hari'." (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: "Hadits ini hasan." Ibnu Majah juga menilainya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah r.a.) (I'ânatut Thâlibîn Juz II).

Wasiat Rasululloh 

Dalam paparan sebelumnya, Rsululloh SAW menjalankan puasa ayyaumul bidh semasa hidupnya. Selain itu rasululloh SAW juga menganjurkan umatnya untuk melaksanakannya juga. 

BACA JUGA:4 Keutamaan Bulan Rajab, Waktu yang Tepat untuk Bertobat

"Kekasihku (Rasulullah SAW) berwasiat kepadaku tiga hal, yang tidak akan aku tinggalkan hingga aku meninggal. Yaitu, puasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan sholat Dhuha, dan mengerjakan sholat Witir sebelum tidur."

Seperti Puasa Sepanjang Masa 

Selanjutnya, puasa tiga hari dalam satu bula itu sama halnya seperti puasa sepanjang masa, hal itu diriwayatkan oleh Rasululloh SAW dalam hadistnya yang berbunyi:

"Puasa tiga hari setiap bulan, bagaikan puasa selama hidup (sepanjang masa)" (Muttafaq alaih).

Amalan yang Dilipatgandakan 

Bagi setiap muslim yang tengah mengerjakan puasa ayyumul bidh maka sama halnya dengan mengerjakan malan dan dilipat gandakan sebanyak sepuluh kali. 

"Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa" (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasa'i).

Berita Terkait