Lifestyle

Perbedaan Susu UHT dan Susu Full Cream yang Jarang Diketahui

Perbedaan Susu UHT dan Susu Full Cream yang Jarang Diketahui
Perbedaan Susu UHT dan Susu Full Cream yang Jarang Diketahui (Image From: Pexels/samer D)

PASUNDAN EKSPRES - Perbedaan susu UHT dan susu full cream menjadi sesuatu yang harus kamu ketahui. Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahui perbedaan susu UHT dan susu full cream. 

Sebenarnya, tidak mudah untuk membedakan antara susu UHT dan susu full cream karena istilah tersebut tidak merujuk pada kategori susu yang berbeda. Semua jenis susu bisa menjadi susu UHT, termasuk susu full cream.

Perbedaan Susu UHT dan Susu Full Cream 

Dikutip dari Alodokter, Jumat (1/3/2024), susu UHT (Ultra-High Temperature) adalah segala jenis susu yang mengalami proses pengolahan dengan pemanasan pada suhu sangat tinggi, sekitar 135 derajat Celsius selama 1-2 detik.

Proses ini dilakukan untuk membunuh bakteri yang ada dalam susu, sehingga susu menjadi aman untuk dikonsumsi dan memiliki masa simpan yang lebih lama.

BACA JUGA:Manfaat Muisturizer The Originote yang Membuat Wajah Kamu Lebih Berseri Sepanjang Hari

BACA JUGA:Kisah "Kaki di Kepala" Saat Jelang Malam Jumat, Buat Bulu Kuduk Meringis!

Secara umum, susu UHT memiliki tekstur yang lebih cair. Hal ini disebabkan oleh kadar lemak dalam susu UHT yang cenderung lebih rendah dibandingkan susu creamy, terutama jika susu UHT tersebut adalah jenis low fat.

Oleh karena itu, susu UHT sering direkomendasikan sebagai pilihan susu rendah lemak yang baik untuk dikonsumsi saat menjalani program diet.

Susu UHT tidak hanya berasal dari produk hewani (berbasis hewan), tetapi juga dapat berasal dari bahan nabati (berbasis tumbuhan), seperti kedelai, oats, almond, santan kelapa, macadamia, dan quinoa.

Di sisi lain, susu full cream adalah jenis susu yang mempertahankan kandungan lemak aslinya. Oleh karena itu, susu full cream masih memiliki kadar lemak yang tinggi, sekitar 8 gram per gelas. Karena tingginya kadar lemak, susu ini memiliki cita rasa yang kaya dan kental.

Mayoritas produk susu UHT berasal dari sumber-sumber hewani, seperti susu sapi, kambing, unta, kuda, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, susu UHT ini cenderung kurang cocok bagi mereka yang memiliki intoleransi terhadap laktosa.

Pada dasarnya, semua jenis susu memiliki kandungan nutrisi yang hampir serupa, termasuk protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi. Namun, jumlah nutrisi tersebut mungkin sedikit bervariasi pada setiap jenis susu.

Nah, itulah mengenai perbedaan susu UHT dan susu full cream yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait