Lifestyle

Apa Boleh Puasa Hari Jumat? Ini Hukum dan Keutamaannya

Melaksanakan puasa selain hari senin dan kamis apakah diperbolehkan? Lantas apa boleh puasa hari jumat dan bagaimana hukum serta utamaannya? (Dok istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Melaksanakan puasa selain hari senin dan kamis apakah diperbolehkan? Lantas apa boleh puasa hari jumat dan bagaimana hukum serta utamaannya? 

Dalam Kitab Fathul Aqwat telah dijelaskan bahwa melakukan puasa pada hari jumat sama halnya dengan sayyidul ayyam "penghulunya hari-hari". 

Bahkan Nabi Muhammad juga mendorong umat Islam untuk melaksanakan ibadah pada har i jumat untuk meraih berkah dan pertolongan. 

Lantas, seperti apa hukunya ? Dalam hadits riwayat Ibnu Abbas dijlaskan Rasulullah SAW berkata, “Ini (Jumat) adalah hari Id yang dijadikan Allah SWT untuk kaum Muslimin,” (HR Al-Thabarani).

Namun ada yang mengatakan puasa har jumatadalah makhruh jika tidak didampingi dnegan hari sebelumnya atau hari setelahnya. 

BACA JUGA:Istri Masih Idah, Apa Suami Boleh Melakukan Hubungan Intim ?

Hal tersebut terdapat daam hadits HR Bukhari yang artinya. “Janganlah kalian puasa hari Jumat melainkan puasa sebelum atau sesudahnya,” (HR Al-Bukhari).

Meskipun hal tersebut telah tercantu dalam hadits, ada juga yang memperbolehkan untuk melakukan puasa d hari jumat tanpa harus menggandeng hari. 

Namun, jika kamu melakukan puasa di hari jumat kamu akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari pada puasa biasanya. 

Berikut adalah 3 Keistimewan melaksanakan Puasa Hari Jumat 

Dilipat Gandakan Pahala Puasa

Hal tersebut telah tercantu dalam hadts yang bersumber dari riwayat Abu Hurairah, bahwa puasa hari jumat aan mempunyai pahala paling besar.

Yaitu sepuluh kebaikan diakhirat bahkan hari-hari diakhirat tidak akan sama dengan hari-hari di dunia. 

BACA JUGA:Keutamaan Puasa Ayyaumul Bidh di Bulan Rajab 2024.

"Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa pada hari Jumat, maka Allah akan menuliskan baginya sepuluh hari yang jumlahnya sama dengan hari-hari akhirat yang tidak sama dengan hari-hari dunia"

Keutamaan Tersendiri Dari Allah 

Imam baihaqi mengatakan orang yang melakukan puasa hari jumat akan mendapatkan empat kebaikan di hari jumat. 

Rasululoh bersabda dalam haits dari Abu Hurairah 

Artinya: "Siapa yang memulai hari Jumat dengan berpuasa, menjenguk orang sakit, menghadiri pemakaman, dan bersedekah, maka ia telah mendapatkan pahala yang besar."

Akan Diampuni Dosa Selama 40 Hari 

Bagi siapa saja yang berpuasa pada hari jumat, akan diampuni dosa yang mengikutinya selama empat puluh tahun. 

Hal tersebut telah tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Khalil bin Murra. 

"Dan Diriwayatkan oleh khalil bin murra dengan sanadnya dari jabir dengan marfu' dengan makna ini, hanya saja ia berkta, " Tidak ada dosa yang mengikutinya, selama empat puluh tahun." Syaikh berkata, "Karena itu, puasa hari jumat hanya boleh dilakukan jika berpuasa sehari sebelumnya atau sehari setelahnya, dan mahruh hukumnya mempuasakan secara sendirian,"

Berita Terkait