Lifestyle

5 Tips Belajar untuk Ujian yang Dijamin Ampuh, Bikin Cerdas dalam Sekejap

5 Tips Belajar untuk Ujian yang Dijamin Ampuh, Bikin Cerdas dalam Sekejap
5 Tips Belajar untuk Ujian yang Dijamin Ampuh, Bikin Cerdas dalam Sekejap (Image From: Pexels/Lum3n)

PASUNDAN EKSPRES - Tips belajar untuk ujian yang dijamin ampuh. Buat kamu yang tengah menjalani hari menjadi siswa sekolah, mungkin saat ini kamu sedang dihadapkan oleh fakta bahwa kamu akan menjalani ujian sekolah.

Biasanya ketika akan melaksanakan ujian sekolah, para siswa akan berusaha belajar semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai akhir yang memuaskan.

Namun, terkadang belajar malah menjadi sesuatu yang membosankan, dan rasanya ingin rebahan saja, ketimbang berkutat dengan buku, serta materi. 

Nah, buat kamu yang dilanda bosan, barangkali kamu membutuhkan sebuah tips yang ampuh untuk membantu kamu dalam belajar. Kira-kira apa saja tipsnya? Simak beberapa tips belajar untuk ujian yang dijamin ampuh. 

Tips Belajar untuk Ujian 

Berikut adalah beberapa tips belajar untuk ujian yang bisa kamu coba terapkan. 

Membuat waktu yang tepat untuk belajar

Tips belajar untuk ujian yang bisa kamu coba adalah membuat waktu atau menjadwalkan waktu yang tepat untuk belajar. Kamu bisa meluangkan setidaknya 10-20 menit dalam sehari untuk belajar.

Cara ini bisa sangat ampuh untuk kamu yang mageran buat belajar, apalagi dengan metode kebut semalam yang pastinya akan membuat kamu pusing. Tapi, kamu harus tetap ingat belajarlah secukupnya, jika lelah kamu bisa beristirahat. 

Membuat rangkuman belajar 

Tips belajar berikutnya adalah dengan membuat rangkuman belajar. Kamu bisa menuliskan berbagai materi yang telah kamu pelajari.

Kamu bisa menuliskannya dengan bahasa kamu sendiri, sehingga kamu akan mudah memahami materi tersebut. Selain itu, secara tidak langsung kamu juga akan mengingat materi yang telah kamu pelajari. 

Mengerjakan latihan soal 

Tips belajar untuk ujian yang selanjutnya adalah dengan mengerjakan latihan soal. Ketika kamu telah mempelajari materi pembelajaran, kamu bisa langsung mengerjakan latihan soal untuk mengetahui level kepamahamanmu terhadap suatu materi.

BACA JUGA: Pernah Dengar Istilah Generasi Sandwich? Yuk Kita Bahas

BACA JUGA: 7 Resep Bolu Kukus Tepung Ketan Lembut dan Empuk yang Mantap

Dengan mengerjakan latihan soal ini, kamu bisa mengetahui dan mengingat kembali materi yang telah kamu pelajari. Ketika ujian berlangsung, dipastikan kamu gak bakalan ngeblank. 

Belajar lewat audio atau video 

Tips yang bisa kamu coba adalah belajar menggunakan audio atau video yang kamu sukai. Kalau kamu adalah seseorang yang senang dengan tipe belajar yang hanya mendengarkan, kamu bisa menggunakan audio untuk membantu kamu dalam memahami pembelajaran.

Kalau kamu adalah tipe yang senang dengan melihat sesuatu, barangkali media video bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Belajar di pagi hari 

Tips belajar untuk ujian yang terakhir adalah cobalah belajar di pagi hari. Kamu bisa bangun di pagi hari, buat diri kamu nyaman, lalu cobalah untuk mulai mempelajari materi untuk ujian kamu nanti.

Dengan belajar di pagi hari, kamu masih mempunyai energi yang tersimpan, sehingga fokus kamu tetap terjaga ketika kamu belajar. 

Nah, itulah mengenai beberapa tips belajar untuk ujian yang bisa kamu coba terapkan. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

Berita Terkait