MotoGp

Alasan Yamaha Masih Kebingungan Tentukan Line-Up Test Rider untuk Musim 2025

Motor YZR-M1 milik pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)
Motor YZR-M1 milik pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

PASUNDAN EKSPRES - Dengan tinggal menyisakan empat seri lagi di MotoGP 2024, Yamaha masih belum menetapkan line-up test rider mereka untuk musim 2025. Situasi ini semakin rumit dengan kondisi Cal Crutchlow, yang masih dalam proses pemulihan setelah menjalani operasi lengan di awal tahun. Crutchlow, yang menjadi test rider Yamaha sejak 2021 menggantikan Jorge Lorenzo, memiliki peran penting dalam pengembangan YZR-M1, serta kerap berperan sebagai pembalap cadangan dan wildcard. Sayangnya, cedera lengan memaksanya absen sepanjang musim ini.

Untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Crutchlow, Yamaha telah mengandalkan beberapa pembalap, seperti Remy Gardner dari tim GYTR GRT Yamaha WorldSBK dan Andrea Dovizioso. Meskipun Dovizioso telah pensiun dari MotoGP, ia ikut terlibat dalam beberapa tes tertutup di Mugello dan Misano. Penampilan Dovizioso yang solid dalam tes tersebut membuat Yamaha mulai mempertimbangkan dirinya sebagai test rider penuh waktu untuk musim 2025. Max Bartolini, Direktur Teknis Yamaha Motor Racing, bahkan menyebut bahwa Dovizioso mungkin akan lebih sering terlibat dalam tes di masa depan.

Di sisi lain, Yamaha juga tengah membuka negosiasi dengan Augusto Fernandez, pembalap Red Bull GASGAS Tech 3 yang dipastikan akan kehilangan kursi MotoGP-nya setelah musim 2024. Fernandez, yang merupakan juara dunia Moto2 2022, sempat menjadi kandidat kuat pengganti Crutchlow. Namun, dengan performa Dovizioso yang meyakinkan, pembicaraan antara Yamaha dan Fernandez kini terhambat.

Meski begitu, Yamaha mungkin akan mempertimbangkan untuk merekrut keduanya sebagai test rider, mengingat beberapa pabrikan lain, seperti KTM, memiliki lebih dari satu test rider. Meskipun begitu, hingga saat ini, pabrikan seperti Aprilia dan Ducati masih bertahan dengan hanya satu test rider.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua