News

Jokowi Bakal Melantik Menteri ATR dan Menko Polhukam Baru, AHY Jadi Kandidat Kuat

Jokowi Bakal Melantik Menteri ATR dan Menko Polhukam Baru, AHY Jadi Kandidat Kuat
Presiden Jokowi bakal melantik Menteri ATR dan Menko Polhukam baru di Istana Negara pada Rabu besok, 21 Februari 2024. (Foto: screenshot YouTube Presiden Joko Widodo)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden Jokowi bakal melantik Menteri ATR dan Menko Polhukam baru di Istana Negara pada Rabu besok, 21 Februari 2024.

Menurut kabar yang beredar, Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet dengan menunjuk dua menteri baru pada esok hari.

Dua menteri baru yang akan dilantik itu merupakan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Sejumlah kabar menyebutkan, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan dilantik menjadi Menteri ATR menggantikan Hadi Tjahjanto sementara Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Menko Polhukam.

Proses pelantikan ini akan digelar pada Rabu, 21 Februari 2024 sekitar pukul 10.00 WIB di Istana Negara.

Presiden Jokowi pun menanggapi berbagai kabar soal pelantikan AHY menjadi Menteri ATR dan Hadi Tjahjanto menjadi Menko Polhukam.

"Besok dilihat saja jam 10 (siapa menteri yang di-reshuffle)," ucap Jokowi usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Ecovention Hall di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa, 20 Februari 2024.

Jokowi pun belum memberikan jawaban yang pasti mengenai kepastian siapa dua menteri baru yang akan dilantik dan meminta kepada semua pihak untuk menunggu pada Rabu besok.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan adanya pelantikan Menteri ATR dan Menko Polhukam di Istana Negara pada Rabu, 21 Februari 2024 mendatang.

Namun, Ari enggan menyebutkan siapa saja menteri yang akan dilantik.

"Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," ucap Ari kepada awak media.

Sebagai informasi, posisi Menko Polhukam saat ini masih kosong dikarenakan Mahfud MD telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menko Polhukam sebelumnya.

Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat sebagai Menteri ATR dikabarkan akan mengisi kekosongan posisi Menko Polhukam dan AHY akan mengisi posisi Menteri ATR di dalam kabinet Jokowi. (inm)

Berita Terkait