News

Apakah Elaelo Pengganti X Sudah Bisa Digunakan? Menkominfo Buka Suara

Apakah Elaelo Pengganti X Sudah Bisa Digunakan? Menkominfo Buka Suara

PASUNDAN EKSPRES - Platform media sosial Elaelo yang kabarnya akan menggantikan X masih ramai jadi sorotan di media sosial. Kabar tersebut akhirnya dibantah Menkominfo Budi Arie Setiadi.Budi Arie juga menegaskan bahwa aplikasi itu bukan buatan pemerintah. Dia menyebut Elaelo yang disebut dibuat Kemkominfo adalah tidak benar.

"Elaelo bukan buatan dan bukan milik pemerintah/Kominfo," kata Budi Arie kepada wartawan pada Rabu (19/6/2024) yang dikutip dari detik. 

BACA JUGA:Kriminolog Ikut Berkomentar Soal Oknum Polisi Subang Aniaya Pelajar Hingga Tewas

Terkait platform X, Budi menyebut pihaknya sudah menyurati X dan mengancam akan memblokirnya di Indonesia jika kebijakan konten pornografi tidak diatur dengan baik.Elaelo.id diketahui jadi ramai karena diviralkan di berbagai platform media sosial oleh beberapa pihak.

Apalagi narasinya disebut sebagai medsos lokal pengganti X/Twitter ditambah pula ada logo Garuda Pancasila.Banyak netizen yang mencobanya tapi pengalaman mereka mengecewakan. Bahkan, saat ini Elaelo sudah tidak bisa diakses sama sekali.

BACA JUGA:Janji Ganjar Pranowo Untuk Berantas Korupsi: Pemiskinan Hingga Perampasan Aset

Jika membuka elaelo.id muncul layar hitam dengan logo Garuda Pancasila. Di bawahnya ada tulisan 'Under Construction by Kominfo'. Ada timer countdown yang tersisa 27 hari dan ada tulisan di sana.

"Ela Elo Is Coming, Big Features Will Be Ready," demikian pesannya beserta tulisan Iron Dome #Hmei.

BACA JUGA:Perjuangkan Rekomendasi PDIP , Sutrisno Dukung H Adik Nyalon Bupati

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membantah telah menciptakan media sosial Elaelo sebagai pengganti X atau Twitter. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Usman Kansong mengungkapkan, platform tersebut bukan buatan pemerintah.

"Situs Elaelo bukan buatan pemerintah atau Kominfo," kata Usman yang mengutip dari  Kompas.com, Rabu (19/6/2024). Senada, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, turut membagikan tautan situs kominfo.go.id yang memuat bantahan terkait Elaelo.

"Beredar sebuah unggahan foto di platform Twitter atau X dengan klaim situs Elaelo yang disebut-sebut sebagai pengganti Twitter atau X di Indonesia merupakan buatan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar," tulis situs tersebut.

(nym) 

Berita Terkait