News

Persikas Pimpin Klasemen Sementara, Berpeluang Lolos ke Babak 32 Besar

Persikas Subang
KEMENANGAN: Pemain Persikas Subang merayakan kemenangan usai mencetak gol. Persikas Subang berhasil bantai Caladium FC, unggul 5-2 pada Liga 3 Nasional. MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Persikas berpeluang besar lolos ke Babak 32 Besar Liga 3 Nasional setelah berhasil mengoleksi 6 poin dalam dua pertandingan. Saat ini Persikas memimpin klasemen sementara. 

Persikas hanya butuh hasil minimal seri pada pertandingan selanjutnya melawan PS PTPN III untuk lolos ke babak selanjutnya sebagai pemuncak klasemen Grup D. 

Mengingat baik Persibangga maupun PS PTPN III mengoleksi masing-masing 3 poin setelah berhasil menang satu dari dua pertandingan. 

Pelatih Kepala Persikas Din 'Gultom" mengomentari pertandingan yang telah dijalani timnya menentang Caladium FC yang berbuah kemenangan dengan skor 2-5. 

"Kita sudah mengantisipasi dengan melihat pertandingan sebelumnya. Caladium FC bermain build up, maka dari itu kami bermain high pressing dan counter attack," ucapnya. 

Gultom mengatakan, masih ada beberapa kesalahan yang terjadi dalam pertandingan. 

"Hanya saja beberapa kali ada miss, sehingga banyak peluang gagal dimanfaatkan oleh pemain," ucapnya. 

Ia mengungkapkan dimana titik kesalahan pada tim Persikas, sehingga perlu dijadikan evaluasi pada pertandingan selanjutnya. 

"Ada dua gol dari sisi sebelah kanan, dipertandingan selanjutnya semoga dapat diminimalisir lagi," ucapnya. 

Pemain Persikas Ega Nugraha mengaku senang dapat membawa tim nya menang besar pada laga kali ini. "Alhamdulillah (menang) untuk pertandingan kali ini. Saya berterima kasih kepada rekan-rekan, pelatih dan semuanya," ucapnya. 

Meskipun demikian, Ega mengatakan bahwa tidak ada tim yang mudah dihadapi olehnya. 

"Setiap lawan tidak ada yang mudah, semuanya berat. Tapi alhamdulillah untuk pertandingan ini kita diberi kemenangan, kedepannya semoga bisa lebih baik dan kompak lagi," ucapnya. 

Saat ini, Ega merupakan top skor sementara di tim Persikas maupun di Grup D Babak 80 Besar Liga 3 Nasional 2024. Ia pun berharap dapat mencetak gol lagi di laga selanjutnya dan membawa Persikas menang. 

"Insya Allah di pertandingan selanjutnya semoga rezekinya bisa mencetak gol dan membawa Persikas menang," ucapnya.

 

Persikas Tumbangkan Caladium FC

Persikas Subang dalam motivasi terbaik setelah berhasil mengalahkan Peribangga di pertandingan pertamanya dengan skor 2-1, pada Senin (29/4) dalam gelaran Liga 3 Nasional 2024. 

Pelatih Kepala Persikas, Din 'Gultom'  nampak serius untuk menghadapi Caladium FC untuk meraih 3 poin selanjutnya agar dapat memastikan timnya dapat lolos dari fase grup. 

Penyerang berbisa Persikas, Ega Nugraha kembali diturunkan sejak awal pertandingan setelah berhasil mencetak 'brace' dalam pertandingan sebelumnya menentang Persibangga. 

Andi Ramadana yang berperan penting atas kemenangan sebelumnya juga kembali diturunkan menemani Ega Nugraha di sektor depan. 

Rudi Hidayat kembali dipercaya sebagai kapten tim untuk menggalas tanggung jawab memimpin para pemain Persikas dalam perburuan kemenangan dalam pertandingan kali ini. 

Pelatih Kepala Caladium FC, Victor Simon juga masih optimis dengan pemain yang dipersiapkan menghadapi tuan rumah. 

Pencetak gol tunggal Caladium FC pada pertandingan pertama, Muhammad Yusuf langsung diturunkan untuk menggedor lini pertahanan dari Persikas. 

Adapun Ido Hardo Kesuma asal Kota Bandar Lampung bertugas sebagai Wasit Utama dalam partai kali ini, di dampingi oleh Ally Fitrawadi asal Kabupaten Lima Puluh Kota dan Budi Yanto asal Kabupaten Indragiri Hilir sebagai Asisten Wasit, serta Adi Swasono asal Kabupaten Lampung Selatan sebagai Wasit 4.

Dalam pertandingan ini, Caladium FC mengenakan jersey serba hitam, sedangkan Persikas kembali mengenakan jersey biru putih biru pada pertandingan kali ini.

Kick off dimulai dari kaki para pemain Caladium FC, para pemain Persikas langsung melakukan pressing tinggi kepada tim Caladium FC.

Tidak butuh waktu lama, Persikas dapat langsung mengungguli Caladium FC terlebih dahulu. Hasil sepakan pojok Andi Ramadana membuat kemelut di kotak terlarang Caladium FC yang dapat dimanfaatkan oleh Tegar Ariyanto Bere dengan sepakannya tipis melewati garis gawang Alirman. Skor berubah menjadi 0-1 untuk Persikas.

Pemain Caladium FC, Maryono terlihat terkapar di tengah lapang setelah berbenturan dengan pemain Persikas, Alhasil Victor pun segera menggantikannya dengan Muhammad Haikal.

Singa Subang masih nampak kelaparan, para pemain Persikas terus melakukan serangan demi serangan. Fardhan Faris Rusliawan pun kemudian melepaskan tembakannya ke arah pojok kanan bawah gawang Caladium FC yang akhirnya berbuah gol kedua untuk Persikas. Caladium FC pun terus tertinggal dengan skor 0-2 oleh Persikas.

Melihat hal tersebut, Victor Simon nampak tidak puas dengan performa penjaga gawangnya. Dirinya kemudian memasukan Bintang Dwi Sakti Mega Nanda menggantikan Alirman sebagai penjaga gawang Caladium FC. Ia juga turut memasukan Ahmad Afdhal Fahrezi menggantikan Rahmad Hidayatullah untuk memperkuat lini tengah.

Pergantian tersebut nampaknya langsung berbuah hasil untuk Caladium FC, Muhammad Yusuf kembali mencetak gol pada Liga 3 Nasional 2024 setelah dapat memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Persikas. Gol kedua Yusuf kembali menghidupkan asa Caladium FC. Skor kembali berubah menjadi 2-1.

Wasit Ido Hardo mengeluarkan kartu kuning perdananya pada pertandingan ini, setelah Pemain Caladium FC Iqbal Nugraha menjatuhkan Ega Nugraha di luar kotak penalti.

Angka 1-2 pun tetap menghiasi sampai peluit turun minum berbunyi.

Pada babak kedua, Din 'Gultom' langsung melakukan dua pergantian pemain, yakni Ahmad Bashari menggantikan Wendi Firmansah, sementara Rehan Irgi Suwito menggantikan Tegar Ariyanto Bere.

Persikas kembali memperjauh jaraknya dengan Caladium FC, setelah pemain berbisanya Ega Nugraha melepaskan sontekan keras yang berhasil merobek jala gawang Bintang Dwi. Persikas unggul 1-3 dari Caladium FC.

Victor Simon segera bereaksi pada tekanan yang diberikan oleh Persikas dengan memanfaatkan dua pergantian terakhirnya sekaligus. Rian Khaidir dan Iqbal Nugraha keluar digantikan oleh Asri dan Rohip. 

Benar saja, Caladium FC langsung menyarangkan bola kedalam gawang Persikas. Lagi-lagi Muhammad Yusuf yang menjadi aktor utama dalam gol kali ini. 'Brace' nya kali ini kembali menghidupkan api semangat Caladium FC dalam mengejar ketertinggalan. 2-3 terpampang pada papan skor sementara.

Tidak mau kalah dengan pesaingnya, Ega Nugraha kembali menunjukan ketajamannya dengan menjaringkan gol sekaligus 'brace' nya dalam pertandingan ini berkat sepakan keras nya memperdaya Bintang Dwi. Persikas kembali menjauh dari Caladium FC, 2-4.

Demi memperkuat lini tengah dan pertahanan, Din 'Gultom' rela menggantikan Andi Ramadana dan Fardhan Faris Rusliawan sekaligus dengan Rizki Firmansyah dan Zamzam Sovia Aropa untuk lakukan penyegaran.

Tim Persikas nampak semakin bergairah di depan 1.231 pendukungnya, crossing cantik yang berikan berhasil ditanduk dengan keras sehingga masuk dalam mulut gawang Caladium FC oleh pemain yang baru saja masuk di babak kedua, Rizki Firmansyah. Singa Subang mengaum semakin keras, skor menjadi 2-5 untuk keunggulan Persikas.

Unggul jauh ke atas Caladium FC, Din 'Gultom' melakukan pergantian terakhir dan memilih untuk mengistirahatkan Ega Nugraha, digantikan oleh seorang pemain bertahan, Dede Juandi.

Peluit babak kedua pun dibunyika, Skor 2-5 akhirkan kekal sampai akhir pertandingan. Dengan hasil ini, Persikas memperbesar peluangnya untuk lolos dari fase Babak 80 Besar Liga 3 Nasional 2024.(fsh/ysp) 

Berita Terkait