News

Kapan Pelantikan Presiden - Wapres Terpilih 2024 Dilaksanakan? Ini Jadwalnya

Kapan Pelantikan Presiden - Wapres Terpilih 2024 Dilaksanakan? Ini Jadwalnya
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (Foto: X @prabowo)

PASUNDAN EKSPRES - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka akan segera dilaksanakan.

Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Hal ini diputuskan berdasarkan hasil rekapitulasi KPU yang mana pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran meraih perolehan suara sebesar 58,58% atau sebanyak 96.214.691 suara dari total suara sah nasional.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden dijadwalkan dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ini Dia Bocoran Menteri Kabinet Prabowo-Gibran, Siapa Saja?

Adapun pelantikan Prabowo-Gibran rencananya akan digelar di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, bukan di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani yang menyampaikan bahwa pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan digelar di Jakarta.

Sementara itu, Presiden terpilih Prabowo Subianto juga dikabarkan akan segera mengumumkan susunan kabinetnya setelah pelantikannya pada 20 Oktober mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, yang menerangkan bahwa pengumuman susunan kabinet Prabowo-Gibran akan dilakukan pada hari pelantikan berlangsung.

BACA JUGA:Mensesneg Pastikan Presiden Jokowi Hadiri Pelantikan Presiden Terpilih Prabowo di DPR

Kendati demikian, muncul bocoran jajaran kabinet Prabowo-Gibran yang banyak diisi oleh para pejabat yang sebelumnya menjabat di kabinet Joko Widodo yang kemudian ramai diperbincangkan di media sosial.

Namun, nama-nama tersebut belum bisa dipastikan apakah akan masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran mendatang yang akan diumumkan secara resmi pada 20 Oktober mendatang. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua