News

Quraish Shihab: Jangan Maki Anak Kalau Salah, Tapi Doakan

Quraish Shihab: Jangan Maki Anak Kalau Salah, Tapi Doakan
Quraish Shihab: Jangan Maki Anak Kalau Salah, Tapi Doakan (dok.YouTube/Daniel Mananta Network)

PASUNDAN EKSPRES - Prof.Quraish Shihab diundang menjadi bintang tamu dalam podcast di YouTube Daniel Mananta Network. 

Dalam acara podcast yang bertajuk "Daniel Tetangga Kamu" itu, Abi Quraish Shihab menceritakan tentang bagaimana seharusnya prinsip orangtua dapat diterapkan kepada anak-anaknya. 

"Prinsipnya dalam menididik anak itu, dengarkan dia, bersahabatlah dengan dia, jangan membentak dia, itu ada prinsip jangan bebani dia melebihi kemampuannya, jangan maki dia kalau salah tapi doakan." kata KH.Quraish Shihab.

BACA JUGA:Masa Kecil Quraish Shihab di Makassar, Masuk Pesantren Di Usia 10 Tahun

Dalam ungkapan yang sama, Ayahanda dari Najwa Shihab ini juga menambahkan bahwa hubungan antar sahabat antara anak dan orangtua dapat menjadi prinsip ilmu parenting yang dapat diterapkan.   

"Sehingga hubungan antara orantua dengan anak itu adalah hubungan bagaikan hubungan antar sahabat." lanjut Abi Quraish Shihab. 

Abi Quraish Shihab menambahkan sikap orangtua yang tak menghakimi anaknya, akan membuat anak percaya untuk menyampaikan rahasia terdalam kepada ayah dan ibunya. 

"Itu menjadikan anak tidak segan menyampaikan rahasianya yang terdalam kepada bapaknya atau ibunya."

BACA JUGA:Keutamaan 10 Malam Terakhir Ramadhan Ustadz Adi Hidayat

Oleh sebab itu, sebagai orangtua kata Quraish Shihab harus pandai-pandai mendengarkan anaknya agar tak langsung menghakimi tapi lebih kepada berdiskusi untuk mencari solusi terbaik dalam menyikapi suatu permasalahan.  

"Itu juga yang menjadikan orangtua ayah dan ibu harus pandai-pandai mendengar anaknya, tidak langsung berkata ini tidak boleh tapi berdiskusilah cari solusi." 

Menutup jawabannya yang ditanya oleh Daniel Mananta,Prof.Quraish Shihab mengungkapkan cara terbarik dalam menididk anak dapat diawali dengan tidak memukul anak baik secara fisik maupun non fisik.  

BACA JUGA:Segini Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Subang, Purwakarta dan Karawang

"Prinsip dasar dalam menididik anak itu jangan sekali-kali pukul anak. Memukul secara fisik atau non fisik. Memaki itu memukul, boleh jadi lebih kejam dari pada memukul dengan fisik. Bagaimana, doakan dia (anak)." pungkat Prof.Quraish Shihab. 

Prof. Dr. AG. K.H. Al-Habib Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A.adalah cendekiawan ilmu Al Qur'an dan mantan Menteri Agama Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII (1998).

Ia lahir di Rappang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, pada 6 Februari 1944 dari pasangan Abdurrahman Shihab dan Asma Aburisyi. Quraish Shihab merupakan anak keempat dari 12 bersaudara.

(nym) 

Berita Terkait