Raket

RIP Zhang Zhi Jie, Pebulu Tangkis Junior China yang Meninggal Dunia usai Kejang dan Pingsan di Lapangan

Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia pada Badminton Asia Junior Championships. (Sumber Gambar: screenshot via Instagram @badminton.ina)
Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia pada Badminton Asia Junior Championships. (Sumber Gambar: screenshot via Instagram @badminton.ina)

PASUNDAN EKSPRES - Kabar duka datang dari dunia bulu tangkis, Zhang Zhi Jie, pebulu tangkis tunggal putra junior asal China, meninggal dunia setelah kejang dan pingsan di lapangan.

Zhang Zhi Jie meninggal dunia sedang menjalani pertandingan Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, pada Minggu (30/6) pukul 23.20 WIB. 

Informasi ini diumumkan secara resmi oleh Badminton Asia dan PBSI.

Kabar Duka di Badminton Asia Junior Championships 2024

Menurut laporan dari Antara, Zhang Zhi Jie sedang bertanding melawan wakil Jepang, Kazuma Kawano, dalam turnamen bulu tangkis beregu ini.

China dan Jepang tergabung dalam Grup D, di mana China saat ini berada di peringkat pertama dengan 3 poin dari 3 kemenangan.

BACA JUGA:Persiapan Fajar Alfian untuk Olimpiade Paris 2024: Sudah Non-aktifkan Nomor WA Pribadi

BACA JUGA:Jelang Olimpiade Paris 2024, PBSI Terapkan Karantina Bagi Tim Bulu Tangkis Indonesia

Badminton Asia dan PBSI segera merilis pengumuman resmi pada Senin (1/7) dini hari WIB untuk menjelaskan kronologi dan penyebab kematian Zhang Zhi Jie yang masih berusia 17 tahun.

"Zhang Zhi jie dari Tiongkok, Pemain Tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 W waktu setempat kemarin.

Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit."

Kronologi Kejadian Meninggalnya Zhang Zhi Jie

Kejadian bermula saat Zhang Zhi Jie bertanding di partai ketiga melawan tunggal putra Jepang, Kazuma Kawano, dalam BAJC 2024.

BACA JUGA:Nasib Anthony Ginting Menjelang Olimpiade: Terlempar dari Top 8 dan Terancam Non-Seeding 1-8 di Paris 2024

BACA JUGA:Kabar Terbaru dari Dunia Perbulu Tangkisan Indonesia: 3 Atlet Mundur dari PBSI Jelang Olimpiade 2024

Saat itu, kedudukan laga imbang 1-1. Ketika skor imbang 11-11, Zhang Zhi Jie tiba-tiba mengalami kejang di lapangan dan kemudian ambruk.

Tim medis segera memberikan pertolongan, namun pertandingan dinyatakan selesai dengan status Zhang Zhi Jie retired.

Setelah insiden tersebut, Zhang Zhi Jie segera dibawa dengan ambulans yang siaga ke rumah sakit dalam waktu kurang dari dua menit.

Namun, sayangnya, Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat pada Minggu (30/6).

"Badminton Asia, PBSI, dan Panitia Penyelenggara, turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga, serta Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulu tangkis kehilangan pemain berbakat," tulis Badminton Asia dalam keterangan tertulisnya.

 

Rest in Heaven, Zhang Zhi Jie. (pm)

Berita Terkait