Raket

Ganda Campuran Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Boje Mundur dari Olimpiade Paris 2024, Kenapa?

Ganda Campuran Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Boje Mundur dari Olimpiade Paris 2024, Kenapa?
Ganda Campuran Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje. (laman resmi Orleans Masters Badminton)

PASUNDAN EKSPRES - Ganda Campuran Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje memutuskan mundur dari Olimpiade Paris 2024 jelang pembukaan multievent paling bergengsi tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation) dalam pernyataan resminya di laman BWF pada 17 Juli 2024.

"Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengonfirmasi pemain ganda campuran Denmark Mathias Christiansen telah mengundurkan diri dari kompetisi bulu tangkis Olimpiade Paris 2024," tulis BWF, dikutip Kamis (18/7).

Kabar mundurnya pasangan ganda campuran Mathias/Boje itu disebabkan kesalahan Mathias Christiansen yang secara tidak sengaja melakukan kesalahan saat tidak memberitahukan keberadaannya kepada Anti-Doping Denmark.

Diketahui, para atlet yang lolos ke Olimpiade harus melaporkan keberadaan harian mereka selama tiga bulan menjelang dimulainya Olimpiade sesuai dengan peraturan anti-doping.

Berdasarkan aturan, tiga peringatan dalam 12 bulan dapat mengakibatkan kasus di Anti Doping Denmark sebagai pelanggaran aturan anti-doping, yang berpotensi mengakibatkan atlet tersebut diskors.

Adapun tes doping ini dilakukan secara acak dan Mathias Christiansen gagal melaporkan keberadaannya sebanyak 3 kali yang berisiko terkena diskors.

Bagi Mathias Christiansen, keputusan mundur dari Olimpiade Paris 2024 merupakan hal yang sulit namun tidak bisa dihindari.

"Saya sangat terpukul karena kecerobohan dan kecerobohan saya menyebabkan kami melewatkan apa yang seharusnya menjadi salah satu momen penting dalam karier kami. Saya sangat terpukul karena itu juga berarti Alexandra tidak akan pergi ke Olimpiade. Kami berdua telah berlatih secara intensif dan menantikan untuk berkompetisi di Paris," tulis Mathias Christiansen.

Tidak ingin mengambil risiko lebih besar, atlet yang dikenal bisa berbahasa Indonesia itu memutuskan mundur dari ajang bergengsi itu.

"Saya tidak ingin mengambil risiko bahwa keikutsertaan saya di Olimpiade menimbulkan keributan yang tidak perlu, yang juga dapat mengganggu rekan-rekan baik kita di tim nasional dan atlet Olimpiade lainnya, dan oleh karena itu saya memilih untuk mundur," pungkasnya.

Sebelumnya, drawing bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 telah diumumkan pada Jumat (12/7) di Malaysia.

Di sektor ganda campuran, Mathias Christiansen/Alexandra Boje masuk dalam Grup C bersama Yuta Watanabe/Arisa Higashino (JPN), Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin (TPE), dan Tang Chun Man/Tse Ying Suet (HKG).

Dengan demikian, undian ganda campuran kini akan mempertemukan 15 pasangan dengan Grup C menjadi grup beranggotakan tiga orang dan tidak ada ketentuan dalam Peraturan Kualifikasi Olimpiade yang mengatur pasangan pengganti untuk dinaikkan setelah pengundian dilakukan dan pengundian ulang juga tidak diperlukan.

Sementara itu, Olimpiade Paris 2024 berlangsung dari 27 Juli hingga 5 Agustus 2024 di Porte De La Chapelle Arena. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua