Ilmuan Temukan Titik Terang Mengenai Tengkorak Dinosaurus Sepanjang 23 inci

Sebuah studi baru telah dilakukan dengan harapan dapat mengakhiri perdebatan yang telah berlangsung sejak tahun 1988. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Sebuah studi baru telah dilakukan dengan harapan dapat mengakhiri perdebatan yang telah berlangsung sejak tahun 1988.

Studi ini berfokus pada tengkorak dinosaurus sepanjang 23 inci. Beberapa orang percaya bahwa tengkorak tersebut adalah dari Tyrannosaurus rex, tetapi yang lain meyakini bahwa itu adalah spesies unik yang dikenal sebagai Nanotyrannus Lanensis.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fossil Studies minggu ini, menyimpulkan bahwa hewan yang sering dianggap sebagai T. rex remaja ini memiliki perbedaan anatomi yang cukup signifikan.

Berdasarkan ciri-ciri anatominya, hewan tersebut mungkin tidak memiliki hubungan yang sangat dekat dengan T. rex.

Namun, penelitian ini tidak sepenuhnya mengakhiri perdebatan yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Nanotyrannus masih dianggap sebagai entitas yang berbeda. Seorang ahli paleontologi bahkan menyebutnya sebagai "dinosaurus Schrodinger".

Perdebatan dimulai pada tahun 1988 ketika tengkorak sepanjang 23 inci pertama kali diklasifikasikan sebagai Nanotyrannus.