Tekno

AMD Merilis Amuse 2.0 Beta, Fitur AI Buat Ryzen Baru

AMD Amuse 2.0 Beta
AMD Amuse 2.0 Beta fitur AI buat Ryzen terbaru. (screenshot PasundanEkspres @amd.com)

PasundanEkspres - AMD terus berinovasi di bidang kecerdasan buatan (AI) dengan merilis AI Suite terbaru bernama Amuse 2.0, yang dilengkapi dengan serangkaian fitur AI menggunakan teknologi XDNA Super Resolution.

Amuse 2.0 ini tampaknya menjadi tanggapan AMD terhadap AI Playground yang sebelumnya diluncurkan oleh Intel untuk pengguna GPU Arc-nya. Saat ini, Amuse 2.0 tersedia dalam versi beta dan dikembangkan oleh TensorStack, perusahaan AI asal Selandia Baru yang bekerja sama dengan AMD untuk menghadirkan fitur-fitur AI bagi pengguna Ryzen dan Radeon.

Dengan AI suite ini, AMD dan TensorStack bertujuan untuk mempermudah proses pembuatan gambar menggunakan AI tanpa perlu terhubung ke cloud, karena pengolahannya dilakukan secara internal pada perangkat pengguna.

Amuse 2.0 menawarkan beberapa fitur, yang semuanya dijanjikan mudah diinstal dan digunakan. Bahkan terdapat "EZ Mode" yang semakin mempermudah penggunaan fitur ini.

Fitur yang paling menarik adalah dukungan XDNA Super Resolution, yang diklaim dapat mempercepat pengolahan AI. Selain itu, hasil image generator ini dapat memiliki ukuran dua kali lipat lebih besar atau upscaling.

Namun, teknologi ini baru dapat digunakan jika dipasangkan dengan komponen yang tepat, termasuk jajaran prosesor Ryzen AI 300, Ryzen 8040, dan Radeon RX 7000.

Untuk penggunaan dengan Ryzen AI 300, kapasitas RAM minimal yang diperlukan adalah 24GB. Sementara untuk Ryzen 8040, kapasitas RAM minimal yang diperlukan adalah 32GB, lengkap dengan driver OEM MCDM dan NPU terbaru.

Setelah terinstal dengan komponen yang disyaratkan, fitur XDNA Super Resolution ini akan otomatis aktif.

Saat ini, Amuse 2.0 masih berada pada tahap beta, dan kemungkinan fitur-fiturnya akan terus ditambah menjelang perilisan versi publiknya, demikian dikutip PasundanEkspres dari Wccftech, Kamis (01/08/2024).

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua