Tekno

Fitur Spesial di iOS 17.4, Ada yang Khusus untuk Pengguna Eropa

IOS 17.4
IOS 17.4 punya fitur khusus untuk Uni Eropa. Foto: screenshot @apple.com

PASUNDAN EKSPRES - Apple mengeluarkan pembaruan iOS 17.4 yang berisi emoji baru, protokol keamanan baru, dan ada perubahan spesial untuk pengguna iOS di Eropa.

Perubahan spesial tersebut ada di bagian App Store, yaitu developer diperbolehkan menggunakan “app store” pihak ketiga dan pengguna diperbolehkan mengunduh aplikasi dari luar App Store milik Apple.

BACA JUGA:Spesifikasi Samsung Galaxy A55 dan Galaxy A35 Terkuak, Siap Meluncur 11 Maret di Indonesia

Perubahan ini adalah cara Apple untuk menaati aturan Digital Markets Act (DMA) yang diberlakukan oleh Uni Eropa. Aturan ini bertujuan untuk menyeimbangkan dan mencegah terjadinya monopoli untuk perusahaan besar seperti Apple di ranah ekonomi digital.

Tentu saja Apple tak sepenuhnya membebaskan developer untuk menggunakan marketplace aplikasi di luar App Store, karena banyak syarat dan ketentuan yang harus diikuti.

Misalnya, developer tetap harus mendapatkan persetujuan Apple dan membayar “Core Technology Fee” yang biayanya adalah 50 sen euro untuk setiap instalasi aplikasi yang jumlah unduhannya mencapai 1 juta dalam setahun.

Pengguna iPhone di Eropa yang memperbarui ke iOS 17.4 akan diberi catatan berbeda terkait opsi App Store, pembayaran, dan browser dalam keterangan pembaruannya, demikian dikutip PASUNDANEKSPRES dari The Verge, Jumat (8/3/2024).

Proses perizinan marketplace ini akan membutuhkan waktu, namun sejauh ini sudah ada beberapa marketplace yang pasti akan tersedia. Yaitu Mobivention, marketplace aplikasi khusus enterprise, yang akan tersedia pada 7 Maret, lalu Epic Game Store juga akan tersedia pada tahun ini, dan MacPaw yang berencana merilis Setapp pada April mendatang.

Di sektor browser, pengguna di Eropa juga bisa menggunakan engine browser alternatif yang bukan berbasis WebKit milik Apple, misalnya Chrome dan Firefox. Namun sejauh ini belum ada engine browser alternatif yang diresmikan, Google ataupun Mozilla baru bereksperimen membuat browser tersebut dan belum diungkap tanggal perilisannya.

Untuk pengguna di luar Eropa, ada beberapa pembaruan signifikan pada iOS 17.4 ini, yaitu penambahan protokol kriptografi baru untuk iMessage yang bernama PQ3. Fungsinya untuk memperkuat enkripsi end to end terhadap serangan quantum computing.

BACA JUGA:Yuk Intip Spesifikasi dan Fitur dari Bose Ultra Open Earbuds yang Bentar Lagi Rilis di Indonesia

Lalu untuk pengguna seri iPhone 15 kini bisa melihat informasi lebih spesifik mengenai baterai di dalam pengaturan Battery Health, termasuk cycle count, tanggal pembuatan, dan kapan baterai pertama digunakan.

Cara update iOS 17.4

iOS 17.4 tersedia untuk semua perangkat yang mendukung iOS 17. Yaitu dari mulai iPhone X sampai iPhone SE generasi kedua. Cara updatenya juga sama seperti sebelumnya, yaitu masuk ke Settings > General > Software Update.

Berita Terkait